Internasional

Surat Gandhi Yang Memuji Yesus Ditawarkan US$ 50.000

Share the knowledge

MEDIA : Mahatma Gandhi:

MEDIA : Mahatma Gandhi: “Saya suka Kristus Anda. Tapi saya tidak … papua Mahatma Gandhi: “Saya suka Kristus Anda. Tapi saya tidak suka dengan orang Kristen Anda !!!

Sebuah surat langka yang ditulis pemimpin politik dan spiritual India, Mahatma Gandhi ditawarkan untuk dijual Kamis (1/3) pagi seharga US$ 50.000.

Surat, yang diketik dengan tinta tidak terang dan dibubuhi tandatangan, ditulis Gandhi pada 1926. Surat tersebut dialamatkan kepada Milton Newberry Frantz, seorang pemimpin Kristen yang dihormati di Amerika Serikat (AS).

Dalam surat tersebut, Gandhi, seorang Hindu dan pemimpin ikonik yang memperjuangkan kemerdekaan India dengan cara damai, menuliskan rasa hormatnya kepada seluruh agama dan kepercayaan.

Gandhi juga memuji Yesus, figur sentral dalam iman Kristiani dan kehidupan umat Kristen. Menurut Raab Collection, dealer benda bersejarah yang menjual surat tersebut, ini adalah satu-satunya surat yang ditulis Gandhi yang menyebut Yesus.

Postcomended   Remaja Rentan Terpapar Ftalat pada Makanan Cepat Saji

“Saya tidak bisa beranjak melampaui  keyakinan bahwa Yesus adalah salah satu guru besar kemanusiaan,” tulis Gandhi. “Tidakkah Anda berpikir bahwa keharmonisan antar-agama dicapai  bukan lewat anutan mekanis  ajaran yang sama melainkan dengan saling menghormati kepercayaan masing-masing?”

Artefak ini dijual kepada Raab Collection oleh seorang pria yang berasal dari Amerika Selatan. Pria tersebut memiliki sejumlah dokumen sejarah yang ia koleksi pada 1960an.

“Kami pergi menemui dia dan membeli koleksinya. Di antara tumpukan koleksi tersebut, kami menemukan ‘mutiara’ itu,” kata Nathan Raab, pemilik Raab Collection. “Ini adalah surat yang powerful dan emosional.”

Raab Collection telah menangani surat-surat dan dokumen lain dari sejumlah tokoh sejarah seperti George Washington, Charles Darwin dan Napoleon.

Proses otentifikasi dokumen-dokumen tersebut bukanlah perkara mudah, kata Raab. Untuk menyentuhnya saja kita harus mengenakan sarung tangan putih dan melihatnya harus menggunakan kaca pembesar. Jika sebuah dokumen gagal melewati serangkaian uji otentifikasi, meski hanya pada bagian tertentu, maka Raab Collection tidak akan membelinya.

Postcomended   Ternyata Ada Alasan Kuat Dibalik Gelaran Asian Games 2018 di Sumsel

Khusus untuk dokumen ini, para ahli menguji otentifikasi mulai dari kertas yang digunakan, tinta, serta jenis huruf dan menelusuri keberadaan Gandhi saat ia menuliskan surat ini.

“Gandhi menggunakan tinta khusus,” kata Raab.

Ketika surat ini ditulis Gandhi merupakan seorang pemimpin gerakan Nasionalisme Partai Kongres Nasional India, yang melancarkan kampanye besar-besaran untuk memisahkan diri dari Kerajaan Inggris. Gerakan tanpa kekerasan tersebut membuahkan hasil dua dasawarsa kemudian ketika akhirnya Inggris memberikan kemerdekaan bagi India pada 1947, setahun sebelum ia meninggal.

Pada 1948, Mohandas Karamchand Gandhi dibunuh di New Delhi oleh seorang penganut fanatik Hindu.

Postcomended   Ulama Pakistan Haramkan Bom Bunuh Diri: Fatwa Serupa Gagal Diterapkan di Timur Tengah

Yang membuat surat ini begitu kuat, menurut Raab adalah Gandhi menunjukkan sikap hormatnya kepada agama lain.


Share the knowledge

Pages: 1 2

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top