Internasional

Survei Menunjukkan Manusia Belum Siap “Memelihara” Robot di Rumahnya

(This is Money)

Selama beberapa dekade, manusia bermimpi para robot akan melakukan segalanya untuk mereka. Namun ternyata orang-orang sekarang merasa tidak nyaman dengan ide itu. Inilah cerminan perasaan 2.021 warganet dewasa atas ide tersebut dalam satu survei. Anda mungkin termasuk di dalamnya.Menurut survei baru Brookings Institution terhadap 2.021 warganet dewasa, sebagian besar dari mereka tidak begitu bersemangat memiliki robot yang membantu di sekitar rumah. Hanya 20 persen orang mengatakan mereka tertarik memiliki robot pembersih, sementara 68 persen mengatakan tidak.

Untuk tugas yang lebih sensitif seperti keamanan atau merawat anak atau kerabat yang menua, jumlahnya bahkan lebih rendah: 67 persen tidak tertarik, hanya 17 persen yang tertarik. Dan hanya sembilan persen menyatakan tertarik memiliki juru kunci robotik (84 persen tidak tertarik).

Selain itu, 41 persen mengatakan kepada Brookings bahwa mereka “sangat tidak nyaman” pada robot, sementara 20 persen mengatakan mereka “agak nyaman”. Ini tidak terlalu mengejutkan, mengingat satu-satunya jenis robot rumah tangga bergerak yang telah mencapai adopsi luas –penyedot debu otonom Roomba-style– cenderung tersedak sampai mati segera setelah mereka menghadapi kendala.

Postcomended   Keindahan Wonosobo

Robot yang lebih baik disebut-sebut sedang dalam pengembangan, tetapi tidak jelas seberapa baik mereka bisa bekerja selain di saat demonstrasi. Tetapi publik mengharapkan perubahan sikap terhadap robot ketika mereka mulai lebih umum digunakan.

Sebanyak 19 persen mengatakan kepada Brookings bahwa mereka percaya dalam 30 tahun “sangat mungkin” robot akan melakukan sebagian besar kegiatan yang saat ini dilakukan manusia. Mayoritas, 33 persen, mengatakan itu “agak mungkin”, dan hanya 23 persen yang mengatakan itu sangat tidak mungkin.

Sebanyak 61 persen orang juga mengatakan mereka tidak “khawatir” pada robot dalam jangka panjang, yang menunjukkan bahwa mungkin tingkat ketidaknyamanan mereka lebih terkait karena model robot saat ini, daripada model yang mungkin ada di masa yang akan datang.

Postcomended   Tanpa Disadari “Imigran Antarbintang” Ini Hidup di Tata Surya Kita

Saat ini, otomatisasi sudah menggantikan tenaga kerja manusia pada tingkat tertentu, terutama di sektor-sektor seperti manufaktur atau berbagai pekerjaan yang dapat diganti komputer (semuanya, mulai dari teknisi rekam medis hingga petugas kredit). Tetapi ketika urusannya mengenai rumah, kebanyakan orang untuk saat ini tampak baik-baik saja jika harus melayani sendiri kebutuhannya.(***/gizmodo)

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top