Misteri 'Hilangnya' 10 Badak Bercula Satu di Ujung Kulon LINE Today Misteri 'Hilangnya' 10 Badak Bercula Satu di Ujung Kulon Balai Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) tak mampu mendeteksi keberadaan 10 badak bercula satu dari ...

Misteri ‘Hilangnya’ 10 Badak Bercula Satu di Ujung Kulon LINE Today Misteri ‘Hilangnya’ 10 Badak Bercula Satu di Ujung Kulon Balai Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) tak mampu mendeteksi keberadaan 10 badak bercula satu dari …

Di tengah duka kematian Sudan, badak putih jantan terakhir, kabar gembira datang dari Taman Nasional Kaziranga di India. Populasi badak bercula satu di taman ini naik meski tak banyak. Badak cula satu adalahsatu dari lima spesies badak yang semuanya dilindungi.

Sebuah sensus yang dilakukan setiap tiga tahun di Taman Nasional Kaziranga, India telah menghitung jumlah terakhir badak bercula satu di sana menjadi 2.413, atau naik 12 ekor dibanding 2015.

Taman nasional ini yang adalah situs warisan dunia UNESCO yang terletak di negara bagian Assam, adalah rumah bagi dua pertiga populasi spesies dunia.

Postcomended   Penampilan Rp 6,7 Miliar Amal Clooney Dinilai Terbaik

Ini adalah kisah sukses konservasi yang luar biasa mengingat fakta bahwa jumlah badak cula satu hanya ada tinggal beberapa ratus ekor saja pada 1970-an, kata editor BBC Asia Selatan Anbarasan Ethirajan.

Namun, upaya konservasi itu bukan tanpa kontroversi.

Pemerintah dalam beberapa tahun terakhir telah memberi kekuatan yang luar biasa kepada penjaga hutan untuk melindungi hewan-hewan ini dari kekuatan-bahaya yang biasanya ancamannya datang dari tentara yang melakukan intervensi dalam kerusuhan sipil.

Sekitar 150 badak telah dibunuh untuk tanduk mereka sejak 2006, tetapi pada tahun 2015, penjaga taman menembak mati lebih banyak orang, daripada pemburu membunuh badak.

Untuk melaksanakan sensus, pihak berwenang membagi taman seluas 170 mil persegi (430 km2) ini ke dalam 74 kompartemen, dengan 300 pejabat pemerintah dan LSM yang melakukan survei. Empat puluh gajah dan 17 kendaraan sport membantu mereka berkeliling.

Postcomended   13, 14, 15 Agustus dalam Sejarah: Tembok Berlin Dibangun

Sensus total tersebut masih perkiraan. Pihak berwenang mengingatkan bahwa populasi badak cula satu ini bisa lebih besar dari jumlah tersebut karena beberapa badak tersembunyi di balik ilalang tinggi.

Vegetasi ilalang biasanya dibakar untuk mendorong regenerasinya, tetapi belakangan terhambat oleh hujan yang turun tidak pada waktunya, kata satu laporan. Ini bisa berarti sensus dilakukan lagi tahun depan.

Sejak didirikan pada 1905, Kaziranga telah sukses besar dalam melestarikan dan meningkatkan populasi hewan. Selain sebagai tempat berlindung bagi badak bercula satu, taman ini dinyatakan sebagai cadangan harimau oleh pemerintah India, dan juga rumah bagi gajah, kerbau liar, dan banyak spesies burung. Lumba-lumba sungai Asia Selatan yang terancam punah juga hidup di sungai-sungai yang melintasi taman.(***/BBC)

Share the knowledge