Internasional

Tanpa Disadari “Imigran Antarbintang” Ini Hidup di Tata Surya Kita

Interstellar asteroid Oumuamua came from binary star system ... Astronomy Magazine Oumuamua

Interstellar asteroid Oumuamua came from binary star system … Astronomy Magazine Oumuamua

Pada 2017, pengunjung antar bintang pertama yang diamati, asteroid bernama ‘Oumuamua, ditemukan bepergian melalui tata surya kita. Kini, untuk pertama kalinya para astronom menemukan penduduk permanen Bima Sakti, yang berasal dari luar tata surya kita ini. Keunikannya, dia bergerak melawan arah orbit benda langit lainnya.

Imigran antarbintang ini pindah ke Bima Sakti selama tahap awal perkembangan tata surya kita, sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu. Selama miliaran tahun itu, dia hidup di tata surya kita tanpa kita sadari dia ada di sana.

Para peneliti menyebut exo-asteroid ini, yang dikenal sebagai 2015 BZ509, sebagai “imigran antarbintang”. Disebut exo-asteroid karena dia berasal di luar tata surya kita.
Penelitian terbaru dari objek itu diterbitkan Senin (1/5/2018) dalam Pemberitahuan Bulanan Royal Society Astronomi.

Seperti ‘Oumuamua, exo-asteroid itu terlihat oleh teleskop Pan-STARRS 1 di Hawaii. Orbitnya adalah alasan utama para peneliti memperhatikannya.

“Objek itu adalah contoh pengamatan pertama dari jenis orbit yang kami pelajari dan kami ingin memahami apa asalnya,” kata Helena Morais, penulis studi dan profesor statistik di Sao Paulo State University di Brasil, dalam email.

Pada pandangan pertama, 2015 BZ509 hanyalah salah satu dari banyak benda yang mengorbit raksasa gas Jupiter dalam konfigurasi stabil yang disebut resonansi.

Postcomended   Ada Nomadic Tourism di Rakornaspar Bali

Meskipun semua planet dan sebagian besar benda di tata surya kita mengorbit matahari dengan bergerak ke arah yang sama, exo-asteroid ini berjalan dengan caranya sendiri: 2015 BZ509 bergerak ke arah yang berlawanan dalam orbit retrograde.

“Asteroid ini dan Jupiter mengambil jumlah waktu yang sama untuk menyelesaikan satu orbit mengelilingi Matahari, tetapi yang satu bergerak searah jarum jam dan yang lainnya berlawanan arah jarum jam sehingga mereka melewati satu sama lain dua kali per setiap orbit penuh,” tulis Morais.

Orbitnya yang berlawanan itulah yang membuatnya diduga keras berasal dari luar tata surya kita; artinya dia tidak terbentuk di tata surya kita. Jika dia “asli” dibuat untuk tata surya kita, dia akan mewarisi juga orbit gas dan debu yang membentuk semua planet dan benda lainnya.

Postcomended   Ini Kata Media Asing tentang Bom Bunuh Diri Sekeluarga di Surabaya

Tapi bagaimana bisa di sini di tempat pertama? “Bintang-bintang terbentuk dalam kelompok-kelompok yang padat yang disebut pembibitan bintang dan kemudian bubar ketika mereka bergerak di sekitar pusat galaksi,” kata Morais.

“Bintang dalam pembibitan ini sangat dekat satu sama lain sehingga mereka dapat bertukar materi di antara mereka dengan interaksi gravitasi bersama. Capture 2015 BZ509 pasti telah terbentuk pada tahap awal tata surya, sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu.”

Exo-asteroid berfungsi sebagai peringatan untuk objek seperti ‘Oumuamua yang dapat memasuki tata surya kita/

“‘Oumuamua adalah pengunjung ke tata surya,” kata Morais. “Itu adalah konfirmasi yang bagus dan penting bahwa objek antar bintang bisa numpang lewat. Jika mereka lewat maka mereka juga dapat ditangkap dalam orbit yang stabil seperti halnya 2015 BZ509.”

‘Oumuamua secara harfiah berarti “seorang utusan yang menjangkau dari masa lalu yang jauh”. 2015 BZ509 harus menunggu nama yang menarik; asteroid diberi nama oleh International Astronomical Union.

Teleskop berbasis darat dan ruang angkasa, seperti Hubble dan Spitzer, terus melacak ‘Oumuamua selama yang mereka bisa. ‘Oumuamua akan melewati Jupiter pada Mei, melampaui orbit Saturnus pada Januari, dan kemudian meninggalkan tata surya kita menuju konstelasi Pegasus. Tidak diharapkan untuk ditangkap dan tinggal di tata surya kita lagi.

Postcomended   Berakhirnya Bulan Madu Toko-toko "Online"

Morais mengatakan para peneliti akan dapat mempelajari lebih lanjut tentang bintang induk BZ509 tahun ini jika mereka bisa mengamati exo-asteroid dan mengidentifikasi komposisinya.(***/CNN)

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top