Bulan Mei, Tarif Dasar Listrik Kembali Mengalami Kenaikan ... Selayarnews.com621 × 300Search by image Bulan Mei, Tarif Dasar Listrik Kembali Mengalami Kenaikan

Bulan Mei, Tarif Dasar Listrik Kembali Mengalami Kenaikan … Selayarnews.com621 × 300Search by image Bulan Mei, Tarif Dasar Listrik Kembali Mengalami Kenaikan

Setelah naik pada Januari, Maret, dan Mei 2017, pihak PLN mengatakan bahwa pihaknya tak akan menaikkan lagi Tarif Dasar Listrik (TDL) sampai Juni 2017. Padahal dengan alasan penyesuaian tarif akibat dicabut-bertahapnya subsidi listrik, pemerintah memang sudah yang ketigakalinya per tiga bulan terakhir menaikkan TDL.

Namun Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN, I Made Suprateka, mengatakan, Juni depan itu TDL bisa saja malah turun. “Jadi, tanggal 1 Juni ada penyesuaian tarif tapi belum tentu naik. Kalau turun gimana?” ujar Made.

Postcomended   Ada 875 Stasiun Pengisian Listrik, Namun Indonesia Masih 10 Tahun Lagi Terapkan Mobil Listrik

Dikatakan Made, naik tidaknya TDL ditentukan oleh tiga hal yakni inflasi, harga minyak mentah Indonesia (ICP), dan nilai tukar rupiah terhadap dolar. Misalnya harga ICP, kalau mengalami kenaikan signifikan, maka bisa berpengaruh ke TDL. “Tapi kalau pemerintah bisa kontrol dengan baik, insyaallah indikasi kenaikan tidak ada,” tutur dia.

Seperti diketahui, terhitung mulai 1 Januari 2017, pemerintah mencabut subsidi listrik bahkan untuk pelanggan daya 900 Volt Ampere (VA) yang selama ini dinikmati oleh 18,94 juta pelanggan, atau berkisar 82,2 persen dari total jumlah pengguna listrik 900 VA yang sebanyak 23,04 juta pelanggan . Alasan pencabutan subsidi listrik untuk pelanggan 900va karena menurut pihak PLN banyak yang tidak masuk golongan masyarakat tidak mampu. Peralihan subsidi ini nantinya akan digunakan untuk pembangunan jaringan listrik ke daerah tertinggal yang belum merasakan tenaga surya dari Pemerintah.

Postcomended   Ada 875 Stasiun Pengisian Listrik, Namun Indonesia Masih 10 Tahun Lagi Terapkan Mobil Listrik