Buy me a coffeeBuy me a coffee
Lifestyle

Teknologi Pengenalan Wajah di Facebook Kini Ada Opsi Keluar, “Tag Suggestions” Bakal Dihentikan

Share the knowledge

Facebook bakal hentikan fitur "tag suggestions" yang sempat memicu kritik pada 2015 karena dianggap melanggar privasi. (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=r9qR6_Uef3k)

Facebook bakal hentikan fitur “tag suggestions” yang menggunakan teknologi pengenalan wajah, yang sempat memicu kritik pada 2015 karena dianggap melanggar privasi. (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=r9qR6_Uef3k)

Facebook mengatakan, Selasa (4/9/2019), teknologi pengenalan wajah kini akan tersedia untuk semua pengguna dengan opsi untuk keluar, sementara memutuskan akan menghentikan fitur “tag suggestions”. Fitur “tag suggestion” telah menjadi pusat gugatan terkait privasi sejak 2015.

Pengenalan wajah, yang tersedia untuk beberapa pengguna Facebook sejak Desember 2017, memberi tahu pemegang akun jika foto profil mereka digunakan oleh orang lain atau jika mereka muncul di foto yang belum ditandai.

“Tag suggestions” (saran tag), yang menggunakan pengenalan wajah hanya untuk menyarankan pengguna untuk menandai teman di foto, telah menjadi pusat gugatan terkait privasi sejak 2015, Reuters melaporkan.

Postcomended   Tes Toksikologi Sebut Tubuh Pesepakbola Emiliano Sala Dipenuhi Karbonmonoksida

Gugatan oleh pengguna Illinois menuduh perusahaan media sosial ini melanggar Undang-Undang Privasi Informasi Biometrik negara, mengklaimnya secara ilegal mengumpulkan dan menyimpan data biometrik jutaan pengguna tanpa persetujuan mereka.

Bulan lalu, pengadilan banding federal menolak upaya Facebook untuk membatalkan status gugatan. “Kami selalu mengungkapkan penggunaan teknologi pengenalan wajah kami dan bahwa orang dapat menyalakan atau mematikannya kapan saja,” kata Facebook bulan lalu.

Perusahaan itu mengatakan akan terus terlibat dengan pakar privasi, akademisi, regulator, dan penggunanya, tentang cara menggunakan pengenalan wajah dan opsi yang harus dikontrol pengguna.***


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply


Buy me a coffeeBuy me a coffee
Buy me a coffeeBuy me a coffee
To Top