Internasional

Teleskop Cina Tangkap Lebih dari 100 Sinyal Misterius dari Luar Angkasa Jauh

Share the knowledge

Teleskop FAST. Menurut ilmuwan, ini merupakan perangkan pendengaran paling sensitif di dunia. (gambar dari https://www.youtube.com/watch?v=t9nySMjiUzw)

Teleskop FAST. Menurut ilmuwan, ini merupakan perangkan pendengaran paling sensitif di dunia. (gambar dari https://www.youtube.com/watch?v=t9nySMjiUzw)

Teleskop baru milik Cina yang disebut sebagai perangkat pendengaran paling sensitif di dunia telah mendeteksi lebih dari 100 sinyal yang datang dari luar angkasa jauh. Teleskop bernama FAST ini cukup sensitif untuk mendengar ledakan-ledakan astronomis itu.

The Independent melaporkan, pada tanggal 29 Agustus 2019 saja, para peneliti yang mencari tanda-tanda kehidupan alien di alam semesta, mengatakan, mereka menerima “lebih dari beberapa lusin semburan” dari satu sumber spesifik jauh di alam semesta.

Ledakan itu terdiri dari ledakan radio cepat, atau FRB (fast radio bursts) yang datang ke Bumi dalam bentuk sinyal radio yang ekstrem dan energik. Sifat FRB luar biasa keras tetapi masih tidak dapat dijelaskan sama sekali, dengan para ilmuwan tidak tahu dari mana FRB ini datang atau apa yang bisa mengirim ledakan kuat itu ke Bumi.

Postcomended   Ada Sosok Berjilbab di Trailer "Spiderman: Far From Home", Siapakah Dia?

Para ilmuwan telah menyebutkan sejumlah kemungkinan, termasuk bintang jatuh hingga lubang hitam, atau semburan buatan, yang dikirim melalui alam semesta dari kehidupan alien.

Hanya ada sejumlah kecil FRB yang ditemukan berulang. Tapi itu adalah salah satu ledakan berulang –yang menawarkan peluang terbaik untuk memahami lebih banyak tentang asal-usulnya– yang diambil para ilmuwan dengan mengirimkan sejumlah besar ledakan melalui teleskop FAST.

Para peneliti telah memantau sumbernya sejak 2012, ketika pertama kali ditemukan dan dibaptis sebagai FRB121102. Tetapi sekarang setelah teleskop FAST 500 meter telah dinyalakan, para ilmuwan telah dapat melihat lebih banyak lagi.

Postcomended   Maskapai Negeri Jiran Kembali Tempati Nomor Wahid Terbaik di Dunia

Tim sains yang bekerja pada teleskop sekarang sedang memeriksa data, dikumpulkan pada akhir Agustus dan awal September, untuk memahami dari mana asalnya. Selain memungkinkan untuk studi lebih lanjut dari sumber yang ada, para ilmuwan berharap dapat menggunakan teknologi pada teleskop FAST untuk menemukan lebih banyak FRB, media pemerintah Cina melaporkan.

Selain mencari lebih banyak FRB, teleskop akan digunakan untuk mencari petunjuk lain tentang sifat alam semesta; sekarang berfungsi penuh. Itu akan termasuk mencari sumber hidrogen, yang dapat menjelaskan bagaimana alam semesta muncul.***


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top