Hasil Penelitian Siswa SMA Unggul Del dari Indonesia Siap ... Good News from Indonesia1000 × 666Search by image Hasil Penelitian Siswa SMA Unggul Del dari Indonesia Siap Diluncurkan NASA ke Luar Angkasa

Hasil Penelitian Siswa SMA Unggul Del dari Indonesia Siap … Good News from Indonesia1000 × 666Search by image Hasil Penelitian Siswa SMA Unggul Del dari Indonesia Siap Diluncurkan NASA ke Luar Angkasa

Sekelompok siswa Indonesia mengambil bagian dalam penelitan luar angkasa yang dilakukan lembaga antariksa Amerika Serikat (NASA). Proposal mereka tentang pembuatan tempe di ruang angkasa, diminati NASA.

Tempe hasil penelitian mereka ini akan diikutkan dalam misi peluncuran yang merupakan kontrak ke-11 Commercial Resuply (CRS) dari NASA bersama kotraktor perusahaan swasta SpaceX milik pengusaha Elon Musk.

Postcomended   Polisi Jerman Temukan Ekstasi Berbentuk Donald Trump

Sebanyak delapan siswa dan dua mahasiswa DEL Laguboti, Kabupaten Tobasa, Sumatera Utara, mengirimkan penelitannya untuk mengetahui pengaruh mikrogravitasi terhadap kecepatan proses fermentasi kacang kedelai dalam pembuatan tempe di Stasiun Antariksa Internasional (ISS).

Bila berhasil, tempe akan menjadi salah satu pilihan makanan para astronot dan manusia bila tidak lagi menjadi penghuni Bumi.

Penelitian itu dimulai saat Profesor Joko Waluyo Saputro, Project Coordinator Indonesia Space Research Group, menghubungi beberapa sekolah untuk mengirimkan proposal ide. Ternyata, proposal SMA Unggulan DEL pun diterima dengan baik.

Postcomended   Pengembang Ogah Turunkan Harga Properti

“Ini penelitian lanjutan dari 2016 lalu yang telah menyatakan bahwa ragi bisa tumbuh di ISS. Penelitan kedua ini hipotesisnya fermentasi akan berjalan lebih cepat. Kalau di bumi bisa menghabiskan waktu 2-3 hari. Di ISS bisa 1 hari,” kata guru pendamping para siswa, Eka Trisno Samosir, saat dihubungi Kamis (8/6/2017).