Rescue dog Frida looks on while working after an earthquake in Mexico City, Mexico September 22, 2017. REUTERS/Daniel Becerril

Selang 12 hari sejak gempa yang dianggap terkuat dalam seabad terakhir mengguncang pantai selatan Meksiko, yakni bermagnitudo 8,2 SR, gempa bumi kembali memorakporandakan negeri ini, Selasa (19/9/2017). Magnitudo jauh lebih kecil, 7,1 SR, namun kedalaman cukup dangkal, 51 kilometer. Akibatnya kerusakan yang ditimbulkan jauh lebih parah dengan korban jauh lebih besar. Kondisi diperparah gempa susulan 6,2 SR pada Sabtu. Jumlah korban tewas sudah mencapai 300 orang. Salah seekor yang berjasa menemukan korban di bawah reruntuhan adalan anjing Labrador bernama Frida.

Bagi sebuah negara yang masih berkabung dan menghitung kematian akibat gempa yang menghancurkan pada Selasa, anjing penyelamatan Angkatan Laut Meksiko bernama Frida telah muncul sebagai sumber inspirasi dan kebanggaan dalam mencari korban selamat.

Dilansir Reuters, Frida dikenali dengan kacamata dan sepatu doggy custom-made-nya. Labrador kuning berusia 7 tahun ini telah menjadi bintang media sosial.

Sosoknya mendadak muncul dalam tato seseorang, dan juga dalam lembaran uang 500 peso hasil olah komputer. Beberapa postingan bahkan telah sangat membesar-besarkan prestasinya.

Postcomended   Gempa Meksiko dan Sesar Oaxaca

Selama bekerja, Frida telah menemukan 12 orang yang masih hidup di bawah puing-puing, ditambah lebih dari 40 lainnya yang ditemukan tewas. Pihak Angkatan Laut menyebutkan, apa yang dilakukan Frida ini lebih banyak dari anjing penyelamatan Meksiko lainnya.

Korban Tewas Akibat Gempa 8,1 SR di Meksiko Capai 58 Orang -News ... Harian Jogja640 × 427Search by image Sejumlah tentara, Jumat (8/9/2017), menyingkirkan puing-puing

Korban Tewas Akibat Gempa 8,1 SR di Meksiko Capai 58 Orang -News … Harian Jogja640 × 427Search by image Sejumlah tentara, Jumat (8/9/2017), menyingkirkan puing-puing

Sebelumnya, Frida sudah mengenduskan hidungnya untuk menemukan korban saat bencana gempa bumi di Ekuador tahun lalu, di Meksiko selatan dua minggu lalu, saat terjadi bencana longsor di Guatemala pada 2015, dan pada peristiwa ledakan gas di Mexico City tahun 2013.

“Jasanya untuk bencana terakhir ini belum dihitung,” kata Kapten Angkatan Laut, Armando Segura. Sebab, tambah Segura, Frida masih sedang sibuk berusaha menyelamatkan nyawa.

Gempa berkekuatan 7,1 SR pada 19 September lalu telah menewaskan hampir 300 orang. Di Mexico City saja, tim penyelamat masih menggali beberapa dari 52 bangunan yang runtuh.

Gempa 8,1 SR Guncang Pantai Selatan Meksiko- MalangTODAY MalangTODAY.net700 × 393Search by image Gempa Meksiko (istimewa)

Gempa 8,1 SR Guncang Pantai Selatan Meksiko- MalangTODAY MalangTODAY.net700 × 393Search by image Gempa Meksiko (istimewa)

Frida telah menghabiskan sebagian besar usahanya di sebuah sekolah di Mexico City selatan dimana 19 anak sekolah dan enam orang dewasa meninggal, namun 11 anak lagi diselamatkan.

Postcomended   Gempa Jepang: Suaranya Terdengar hingga Batas Angkasa

Sebagai salah satu institusi paling terpercaya di negara ini, Angkatan Laut Meksiko memiliki peran lebih luas daripada kebanyakan armada lainnya, termasuk unit anjing yang memiliki dua anjing lainnya, yakni sepasang anjing gembala Belgia berusia 18 bulan, Echo dan Evil.

Tentara Meksiko juga memiliki anjing penyelamatan yang menggali melalui puing-puing bangunan yang rusak, dan seekor anjing bernama Maya dari pemerintah negara bagian Jalisco yang telah berjasa menemukan dua mayat pada Kamis. Amerika Serikat dan Cile juga membawa anjing penyelamatannya untuk gempa Meksiko tersebut.

Namun belum ada yang bisa menandingi ketenaran Frida. “Adalah sumber kebanggaan bisa bekerja dengan Frida. Dia adalah anjing yang sangat istimewa,” kata Arauz, pawangnya selama dua tahun terakhir.

Namun Frida disebutkan hanya memiliki sekitar satu tahun tersisa sebelum indra penciumannya diperkirakan akan menurun. Setelah itu dia akan pensiun untuk tinggal bersama Arauz.***