Tag: beruang - VIDEO: 4 Pelaku Jerat dan Bunuh Beruang Madu Pakai ... Tribun Pekanbaru - Tribunnews.com VIDEO: 4 Pelaku Jerat dan Bunuh Beruang Madu Pakai Senjata Api Rakitan

Tag: beruang – VIDEO: 4 Pelaku Jerat dan Bunuh Beruang Madu Pakai … Tribun Pekanbaru – Tribunnews.com VIDEO: 4 Pelaku Jerat dan Bunuh Beruang Madu Pakai Senjata Api Rakitan

Berdalih memasang jerat babi hutan, apa daya yang terjerat binatang yang dilindungi, beruang madu. Namun beruang itu akhirnya disembelih untuk dimakan juga. Pengakuan ini dilontarkan empat terduga pelaku pembunuh empat ekor beruang madu yang sebelumnya sempat viral di media sosial. Kini, mereka harus meringkuk di balik jeruji besi.

Polres Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau akhirnya menangkap empat terduga yang semuanya berprofesi petani. Mereka adalah FS (33) warga Parit 10 Desa Mumpa Kecamatan Tempuling, JS (51) warga Desa Karya Tunas Jaya Kecamatan Tempuling, GS (34) warga Parit 1 Desa Mumpa Kecamatan Tempuling; dan JPDS (39) warga Desa Karya Tunas Jaya Kecamatan Tempuling.

Kepala Polres Inhil, AKBP Christian Rony, mengungkapkan, pembunuhan satwa liar yang dilindungi ini terjadi Sabtu (31/3/2018) sekitar pukul 10.00 WIB. “Informasi kita dapatkan dari Bareskrim Polri tentang adanya video penangkapan dan pembunuhan beruang madu yang diduga terjadi di wilayah Kabupaten Indragiri Hilir,” ujar Kapolres, Senin. Saat penangkapan, polisi menemukan barang bukti berupa kulit, daging, dan empedu beruang madu, serta tali nilon yang digunakan untuk menjerat hewan liar tersebut.

Postcomended   Bosan Hidup, Ilmuwan Australia Rancang Kematian Ditemani Perawat Pro-euthanasia

Para terduga pelaku mengatakan, niat awal mereka adalah memasang jerat babi. Ketika yang terjerat adalah beruang madu, timbul niat para terduga memotong satwa tersebut. Dagingnya lantas dibagi-bagikan untuk konsumsi pribadi.

Saat terjerat, kata mereka, beruang madu tidak langsung dibunuh. Ia sempat dibawa dan diikat di salah satu rumah diduga pelaku. Karena merasa terancam melihat beruang madu yang mengganas, akhirnya mereka menembaknya dengan tiga kali tembakan.

Para terduga pelaku akan dijerat UU 5/1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, dengan ancaman pidana penjara paling lama 5 tahun dan denda paling banyak Rp 100 Juta.(***/antara)

Share the knowledge