Lifestyle

Terlalu Banyak Berpikir? Anda Tidak Sendiri

Share the knowledge

 

https://exploringyourmind.com/the-dangers-of-thinking-too-much/

Perempuan cenderung mengulang-ulang pikiran tertentu yang dapat mengganggu tidur (gambar dari: exploringyourmind.com)

Pernahkah Anda ingin berhenti berpikir namun otak Anda terus mengajak berdiskusi, baik mengenai apa yang terjadi sesiangan tadi, atau gara-gara komunikasi-komunikasi buruk dengan teman atau saudara? Dalam hal ini, wanita berkecenderungan lebih buruk.

Psychology Today mengatakan, terlalu banyak berpikir dapat menyebabkan tekanan emosional yang merusak tidur Anda. Jika Anda terjebak menghabiskan waktu mengulang adegan di kepala dan membahas berbagai peristiwa tanpa henti, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menghentikannya.

Psikolog klinis, Catherine Pittman, professor rekanan di departemen psikologi di Saint Mary’s College di Notre Dame, Indiana, Amerika Serikat (AS), kepada Headspace, mengatakan bahwa memberi tahu diri sendiri untuk tidak memikirkan terus-menerus sesuatu bukanlah cara untuk berhenti memikirkannya.

Postcomended   "Harga yang Dibayar" dari Rutin konsumsi Makanan Organik

Dia menyarankan untuk menggantikan pemikiran itu. Jadi, jika Anda terlalu terfokus pada gagasan bahwa –misalnya– saudara Anda marah pada Anda, pertimbangkan untuk mengesampingkan pemikiran itu dan memikirkan hal-hal yang Anda favoritkan, misalnya acara rality show di TV.

Atau, cobalah mengalihkan perhatian Anda dengan menyelesaikan teka-teki silang, ajak anjing Anda berjalan-jalan,  kunjungi perpustakaan, atau hobi lainnya apapun itu, yang membuat pikiran Anda sibuk.

Bruce Hubbard, direktur Cognitive Health Group dan asisten profesor psikologi dan pendidikan di Universitas Columbia, kepada Real Simple, mengatakan,  alih-alih merenung, cobalah menghasilkan solusi konkret yang bisa Anda tindak lanjuti, kemudian lakukan.

Itu, kata Hubbard, bisa berarti meminta maaf jika Anda secara tidak sengaja menyinggung ibu mertua Anda, atau melakukan kembali pekerjaan yang Anda yakin telah mengacaukannya.

Postcomended   Seorang Pria Tewas Tertusuk Rokok Elektronik yang Meledak

Jika otak Anda tidak bisa membiarkan sesuatu pergi, Susan Nolen-Hoeksema, yang benar-benar menulis buku tentang perenungan dengan judul “Perempuan yang Berpikir Terlalu Banyak: Cara Membebaskan Terlalu Banyak Pemikiran dan Mendapat Kembali Hidup Anda”, menyarankan mengajar diri Anda untuk tidak terlibat.

“Coba perhatikan pikiranmu seolah-olah daun itu melayang di sungai,” katanya kepada Real Simple. Itu berarti membiarkan kekhawatiran Anda mengalir ke atas diri Anda, tetapi jangan menanggapinya, jangan terlibat, dan biarkan saja. Ini adalah cara untuk memperhatikan apa yang Anda biarkan masuk ke dalam otak Anda.

Seperti hampir semua hal dalam hidup ini, belajar untuk berhenti berpikir terlalu cepat menjadi lebih mudah dengan latihan. Namun, jika tidak ada satu pun cara di atas yang berfungsi untuk Anda bicarakan dengan dokter, pakah Anda mungkin memiliki gangguan kecemasan. Mungkin ada obat yang dapat membantu mengurangi kecemasan Anda sehingga pada gilirannya membuat terlalu banyak berpikir.***

Postcomended   Ada 875 Stasiun Pengisian Listrik, Namun Indonesia Masih 10 Tahun Lagi Terapkan Mobil Listrik

 


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top