Internasional

Terlibat Kasus Asusila, Bill Cosby dan Roman Polansky Dikeluarkan dari The Academy

Bill Cosby, Roman Polanski banned from The Academy | Consequence of ... Consequence of Sound Bill Cosby and Roman Polanski

Bill Cosby, Roman Polanski banned from The Academy | Consequence of … Consequence of Sound Bill Cosby and Roman Polanski

Bill Cosby (80) dan Roman Polanski (84) dikeluarkan dari US Academy of Motion Picture Arts and Sciences. Akademi yang menyelenggarakan Oscar ini, mengatakan, hal ini dilakukan sesuai dengan standar tingkah laku. Dalam sejarah 91 tahun usia The Academy, ada empat orang yang diketahui telah diusir, termasuk Cosby dan Polanski.

Bintang TV, Bill Cosby, dihukum karena kekerasan seksual bulan lalu. Sedangkan Sutradara peraih Oscar, Roman Polanski, mengakui pemerkosaan terhadap seorang gadis berusia 13 tahun pada 1977. Produser film, Harvey Weinstein, diusir tahun lalu, setelah banyak tuduhan serangan seksual yang dilakukannya.

Terhadap keputusan The Academy ini, Istri Cosby, Camille, menggambarkan keyakinannya bahwa yang terjadi adalah keadilan mafia, bukan keadilan nyata. “Tragedi ini harus dibatalkan bukan hanya untuk Bill Cosby, tetapi untuk negara,” kata Camille.

Organisasi bergengsi, The Academy, membuat pengumuman tersebut Kamis (3/4/2018), dua hari setelah anggota dewan memutuskan masalah ini.

Dalam sebuah pernyataan, dikatakan bahwa dewan “telah memilih mengeluarkan aktor Bill Cosby dan sutradara Roman Polanski dari keanggotaan sesuai dengan Standar Perilaku organisasi”.

“Dewan terus mendorong standar etika yang mengharuskan anggota untuk menjunjung nilai-nilai Akademi; menghormati martabat manusia,” tambahnya.

Postcomended   Basis Data Terpadu

Yang pertama adalah aktor Carmine Caridi, yang keanggotaannya dicabut pada tahun 2004 setelah ia diduga mengirim video pratinjau film rahasia kepada seorang teman yang berakhir secara online.

Di media sosial, banyak orang bertanya apa yang membuat akademi begitu lama untuk mengambil tindakan terhadap Polanski, yang telah dihormati dalam beberapa dekade sejak dia mengaku melakukan pemerkosaan menurut undang-undang.

Nominasi Oscar Polanski sejak pengakuan bersalah atas skandal asusilanya pada 1977, adalah:

1981: Sutradara Terbaik untuk “Tess” (nominator)

2003: Gambar Terbaik untuk “The Pianist” (nominator)

2003: Sutradara Terbaik untuk “The Pianist” (menang)

Kasus asusila yang melawan hukum terhadap Polanski, telah berlangsung selama lebih dari 40 tahun. Polanski mengaku melakukan hubungan seks yang tidak sah dengan Samantha Geimer, yang pada 1977 masih di bawah umur, dan menjalani hukuman 42 hari di penjara, tetapi kemudian melarikan diri dari Amerika Serikat (AS) karena kekhawatiran bahwa kesepakatan tawar menawar akan dibatalkan.

Polanski memiliki kewarganegaraan Prancis dan Polandia, dan telah menghindari berbagai upaya ekstradisi oleh otoritas AS. Prancis, di mana dia tinggal, tidak mengekstradisi warga negaranya sendiri. Pengadilan Polandia juga menolak permintaan AS ketika dia sedang syuting di Krakow pada 2015.

Pihak berwenang Swiss juga menolak surat perintah AS pada 2010, setelah menempatkan Polanski di bawah tahanan rumah selama sembilan bulan.

Postcomended   24 Oktober dalam Sejarah: Concorde Mengakhiri Penerbangan Komersialnya

Tahun lalu, ia dipilih memimpin dewan juri di Cesar, setara dengan Piala Oscar di Prancis. Dia mengundurkan diri setelah skandal di masa lalunya itu memicu kemarahan.

Tahun lalu, Geimer mengatakan kepada pengadilan AS bahwa dia telah memaafkan Polanski dan ingin pindah. Namun pengadilan menolak permintaannya.

Pengusiran Cosby dari The Academy datang hanya satu minggu setelah vonis bersalah. Sedangkan pengusiran Polanski, sangat kontras, muncul lebih dari 2.000 minggu setelah dia mengaku bersalah melakukan hubungan seks dengan anak di bawah umur. Harvey Weinstein bahkan diusir tanpa hukuman pidana meskipun ia menghadapi (dan menyangkal) tuduhan perkosaan.

Jadi mengapa Hollywood membutuhkan lebih dari 40 tahun untuk memutuskan bahwa pemerkosaan yang dilakukan oleh seorang anak berusia 13 tahun di bawah “nilai-nilai kehormatan untuk martabat manusia” yang berharga?

The Academy baru-baru ini menerapkan standar perilaku yang direvisi untuk 8.400 anggotanya, termasuk ketentuan untuk menangguhkan atau mengusir mereka yang “membahayakan integritas” organisasi.

Jawaban sebenarnya tidak terletak pada birokrasi tetapi dari rasa malu. James Cook dari BBC menulis, industri ini telah dipermalukan oleh gerakan #MeToo dan Time’s Up. Apalagi tatapan tajam atas skandal ini terarah juga pada banyak anggota lain, dan dengan setiap pengusiran, tekanan juga bertumbuh untuk bertindak dalam kasus-kasus itu.

Postcomended   Pesona Nusa Dua Fiesta 2017 Siap Bius 30 Ribu Pengunjung

April 2018, Cosby dinyatakan bersalah atas tiga tuduhan penyerangan seksual, masing-masing memiliki potensi 10 tahun penjara. Dia diadili karena membius dan menyerang mantan pemain bola basket Andrea Constand pada 2004.

Ini adalah kedua kalinya aktor itu diadili atas tuduhan itu, setelah juri sebelumnya gagal mencapai putusan pada 2017.

Cosby membintangi sitkom The Cosby Show, yang merupakan hit global 1984-1992. Cosby secara luas dikenal sebagai “Ayah Amerika” untuk peran ayah dalam serial komedi situasi tersebut. Pada satu titik, dia adalah aktor dengan bayaran tertinggi di AS.

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top