Keluarga

Ternyata Begini Mudahnya Tips Berpuasa Bagi Para Pejuang ASI

Puasa saat Menyusui, Apa Dampaknya bagi Bayi dan Ibu? - Spesialis ... Klikdokter Puasa saat Menyusui, Apa Dampaknya bagi Bayi dan Ibu? (Zou Zou/Shutterstock

Puasa saat Menyusui, Apa Dampaknya bagi Bayi dan Ibu? – Spesialis … Klikdokter Puasa saat Menyusui, Apa Dampaknya bagi Bayi dan Ibu? (Zou Zou/Shutterstock

Para pejuang ASI yang tidak pantang menyerah pada bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan yang penuh berkah telah tiba, saatnya semua umat muslim untuk menjalankan kewajiban berpuasa sebulan penuh.

Puasa wajib ini juga diperuntukkan untuk ibu hamil dan menyusui apabila mampu. Islam memang tidak memberatkan umatnya dalam menjalankan ibadah apalagi mereka yang sedang hamil dan menyusui. Karena dalam kesehatan ibu dan anak adalah hal utama yang harus diperhatikan.

Pada era modern ini semakin banyak ibu yang sadar dengan pentingnya pemberian ASI pada buah hati mereka. Meskipun banyak merk susu formula tapi masih banyak ibu yang menginginkan ASI untuk buah hati mereka. Banyak kandungan dalam ASI yang tidak didapatkan dalam kemasan susu formula, selain itu Islam menganjurkan untuk memberikan ASI untuk buah hati sejak lahir hingga usia 24 bulan.

Postcomended   Ilmuwan “Temukan” Organ Baru Tak Jauh dari Mata yang Membuka Peluang Penyembuhan Kanker

Para pejuang ASI melakukan banyak cara supaya produksi ASI melimpah dan sehat. Tidak terkecuali para ibu pekerja, mereka akan tetap berusaha menyediakan ASI dengan mempumping dan menyimpannya dalam lemari pendingin.

Sebetulnya Islam memberikan banyak kemudahan untuk kaum wanita dalam menjalankan ibadah puasa. Namun puasa harus tetap dilaksanakan apabila merasa sehat dan mampu. Dibawah ini ada beberapa tips untuk para pejuang ASI.

Tips Berpuasa untuk Para Pejuang ASI
Tips yang dapat dilakukan untuk para pejuang ASI dalam bulan Ramadhan :
Untuk ibu hamil yang ingin menjalankan puasa Ramadhan, pastikan terlebih dahulu keadaan tubuh Anda. kesehatan ibu dan janin harus benar – benar terjaga. Dalam keadaan seperti ini Anda sebaiknya melakukan konsultasi pada ahli kesehatan.

Sedangkan untuk ibu menyusui harus mengerti betul bagaimana kondisi bayi. Biasanya bayi usia 1 sampai 6 bulan belum mendapatkan MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu) sehingga masih full meminum ASI saja.

Postcomended   5 Juni dalam Sejarah: Menjangkit 5 Pria Gay, AIDS Resmi Ditetapkan Sebagai Epidemi

Minumlah air putih seridaknya 3 liter dalam jangka waktu berbuka puasa sampai sahur. Karena kekurangan cairan membuat produksi ASI tidak lancar, sehingga bayi akan bisa kekurangan ASI dan merasa tidak kenyang yang mengakibatkan bayi rewel.

Pastikan tetap makan 3 kali dalam sehari, saat berbuka, sebelum tidur dan saat sahur. Ini dimaksudkan supaya produksi ASI bisa berjalan dengan lancar. Kekurangan makanan akan membuat tubuh ibu menjadi lemas dan produksi ASI semakin sedikit.

Konsumsilah buah segar sebagai camilan saat berbuka puasa sampai sahur. Ini dimaksudkan supaya tubuh ibu tidak mengalami dehidrasi dan sebagai cadangan air pada saat siang hari.

Untuk para pejuang ASI yang bekerja harus tetap bersemangat dan berpendirian demand and supply. Semakin sering ASI dipumping maka produksi ASI akan semakin banyak. Sehingga ibu tidak perlu khawatir dengan stok ASI untuk buah hati.

Postcomended   12 Mei dalam Sejarah: Darurat Wabah Virus Zika Diakhiri

Jauhlan pikiran stress, pikiran stress dapat mempengaruhi produksi ASI. Supaya ASI tetap baik seharusnya para pejuang ASI selalu memiliki perasaan bahagia dan rileks.
Tips – tips diatas dapat dilakukan oleh para pejuang ASI supaya tetap bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik dan lancar.

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top