Terowongan Tol Cisumdawu yang Tembus Cadas Jadi Obyek Warga Berfoto

Terowongan Tol Cisumdawu yang Tembus Cadas Jadi Obyek Warga Berfoto

Ekonomi Internasional Nasional
Share the knowledge

Penampakan muka terowongan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) yang masih dalam tahap pengerjaan, rupanya sudah mengundang warga untuk berfoto. Tulisan “Cisumdawu Tunnel Project” membuat penampakan muka terowongan yang panjangnya mencapai hampir setengah kilometer ini, memang “Instagramable”. Terowongan yang menembus cadas Cilengsar ini akan menjadi satu-satunya terowongan tol di Indonesia.

“Hampir tiap hari ada warga atau pengendara yang lewat terus berfoto di sini atau sekitar jalan tol ini,” ujar Humas Proyek Metallurgy Corporation of China (MCC), Haris.

Apalagi, berdasarkan pantauan Tribun, pemandangan di sekitar terowongan tol yang terletak di Desa Cilengser, Kecamatan Rancakalong, Sumedang, ini, indah. Tampak di lokasi pembangunan jalan tol ini tanah yang luas dan tebing yang indah.

Postcomended   Warganet Bergemuruh Membahas Tangan Keanu Reeves

Terowongan tol ini merupakan bagian dari Pembangunan Tol Cisumdawu yang menelan total dana Rp 14 triliun; gabungan dari APBN dan swasta. Tol ini ditargetkan pemerintah mulai beroperasi pada awal 2019.

Jalan Tol Cisumdawu dibangun sepanjang 60,1 kilometer dan akan menjadi satu-satunya jalan tol di Indonesia yang memiliki tunnel atau terowongan.

Terowongan yang panjangnya mencapai 472 meter dengan diameter 12 meter ini, memang akan menjadi obyek foto yang sangat menarik. Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Hediyanto W Husaini, mengatakan, terowongan yang menembus cadas di desa Cilengsar ini pembuatannya dipercayakan kepada Metallurgy Corporation of China (MCC) dengan cara New Austrian Tunneling Method.

Postcomended   Mengenal Kuil Buddha Osorezan Yang Identik Dengan Surga Dan Neraka

Jalan tol Cisumdawu, akan menjadi bagian dari Tol Trans Jawa yang membentang nonstop dari Banten hingga Jawa Timur. Dengan tol ini, Cileunyi ke Cirebon hanya membutuhkan waktu dua jam. .***(ra)


Share the knowledge