Bagian lain dari gua Tham Luang yang menjadi lokasi wisata religius bagi umat Buddha (Thailand News)

Memanfaatkan popularitas yang masih mengepul, para pejabat Thailand dilaporkan sedang mempersiapkan situs Chiang Rai untuk menjadi “objek wisata kelas dunia”. Tidak itu saja, Hollywood sedang kasak-kusuk untuk membuat film besar di sana.Ke-12 bocah belum lagi keluar dari rumah sakit. Bahkan kesedihan masih menyelimuti kepergian Saman Gunan, pensiunan angkatan laut Thailand yang meninggal kehabisan oksigen saat sedang mengupayakan penyelamatan bocah-bocah itu. Tak heran bila sejumlah pihak menganggap sikap pemerintah Thailand tidak peka.

Gua Tham Luang tempat para bocah terperangkap, tampaknya akan menjadi penghasil devisa baru yang besar. Pejabat Thailand telah mengisyaratkan komplek gua ini akan berubah menjadi tujuan wisata.

“Dalam situasi krisis ini, hari ini, saya tidak ingin berbicara tentang pekerjaan, tetapi saya memikirkan orang-orang Thailand, kita beruntung bahwa kita akan memiliki objek wisata kelas dunia,” ujar wakil kepala taman nasional Thailand, Chongklai Woraponsathron.

Postcomended   Bali Aman, Pembukaan Nusa Dua Fiesta dibanjiri pengunjung

Pekan lalu, Otoritas Pariwisata Thailand (TAT) mengatakan, pihaknya berencana mempromosikan gua Tham Luang sebagai objek wisata setelah ditampilkan begitu jelas dalam berita. Badan ini mengharapkan aka nada peningkatan besar pengunjung ke gua batu kapur sepanjang 10 km ini setelah upaya penyelamatan yang heroik, menyita perhatian global.

Perdana Menteri Thailand, Prayuth Chan-ocha, mengatakan, tindakan ekstra harus dilaksanakan untuk melindungi wisatawan yang ingin mengunjungi gua.

“Di masa depan, kami harus memantau pintu masuk dan keluar ke gua. Gua ini telah menjadi terkenal di dunia… kita harus memasang lebih banyak lampu di dalam gua dan memasang plang-plang penanda,” katanya kepada wartawan di Bangkok.

Sementara itu kepala misi penyelamatan, Narongsak Osottanakorn, mengatakan dalam konferensi pers bahwa gua akan menjadi museum hidup, untuk menunjukkan bagaimana operasi penyelamatan dilangsungkan.

Postcomended   Explore wisata Indonesia, kalian harus coba ke Pulau Komodo

“Basis data interaktif akan disiapkan. Ini akan menjadi daya tarik utama bagi Thailand,” kata Narongsak. Prayuth menambahkan, dia mengakui bahwa gua Tham Luang berbahaya. Gua ini, kata dia, akan ditutup dulu untuk umum sampai semuanya tuntas.

Legenda Lokal
Menurut Fairfax, gua ini dikenal oleh penduduk setempat sebagai Tham Luang Nang Non, “gua besar dari wanita yang sedang tidur”; karena dari sudut pandang tertentu gua ini samar-samar menyerupai seseorang yang sedang berbaring. Penduduk setempat percaya bahwa “wanita yang sedang tidur” ini adalah seorang putri yang dihamili penduduk lokal yang mapan.

Puteri yang merasa hancur ini bunuh diri setelah ayahnya memerintahkan prajuritnya untuk membunuh janin dalam perutnya. Legenda yang berkembang menyebutkan air yang mengalir melalui gua adalah darahnya.(***/news.com.au/channelnewsasia)

Share the knowledge