Internasional

Tidur Nyeyak di Akhir Pekan Mengobati Kurang Tidur Seminggu

15 Bahaya Akibat Kurang Tidur Bagi Kesehatan - Caraku Hidup Sehat Caraku Hidup Sehat Bahaya Kurang Tidur

15 Bahaya Akibat Kurang Tidur Bagi Kesehatan – Caraku Hidup Sehat Caraku Hidup Sehat Bahaya Kurang Tidur

Tidak cukup tidur jelas tidak ideal, karena sudah dikaitkan dengan risiko lebih tinggi mengidap kanker, diabetes, dan penyakit jantung. Namun penelitian baru-baru ini memberi kabar baik bagi para “penganut” rezim sibuk: tidur nyenyak selama akhir pekan berpotensi melawan efek merugikan dari kurang tidur selama seminggu.

Para peneliti telah melakukan penelitian untuk menentukan bagaimana kurang tidur selama seminggu dan akhir pekan telah dikaitkan pada tingkat kematian individu.

Torbjorn Akerstedt, profesor di Stress Research Institute di Universitas Stockholm, memimpin penelitian di mana timnya menilai data yang dikumpulkan dari satu kelompok yang terdiri dari 43.880 peserta selama 13 tahun.

Postcomended   Seorang Pemuda dari Kasta Bawah Tewas Bersimbah Darah, Diduga Gara-gara Naik Kuda

Informasi mengenai kesehatan dan kebiasaan tidur individu dikumpulkan selama survey gaya hidup dan medis di Swedia yang telah dilakukan pada 1997.

Temuan mereka menyatakan bahwa mereka yang berusia di bawah 65 tahun yang tidurnya lima jam atau kurang di akhir pekan, memiliki 52 persen tingkat kematian lebih tinggi daripada mereka yang tidur enam atau tujuh jam.

Namun, mereka dari kelompok usia sama yang tidur untuk waktu yang singkat selama seminggu dan jumlah waktu yang lebih lama selama akhir pekan, tercatat memiliki tingkat kematian yang sama dengan mereka yang secara konsisten tidur malam selama enam atau tujuh jam.

Namun para peneliti juga sampai pada kesimpulan mengejutkan bahwa secara teratur tidur lebih dari delapan jam semalam juga bisa dihubungkan dengan tingkat kematian yang lebih tinggi.

Postcomended   Hotel Gantung Pertama di Asia Dibangun di Purwakarta

Tim menunjukkan bahwa mereka menilai individu yang berusia 65 ke bawah, namun tidak menanggung kebiasaan tidur dan tingkat kematian mereka yang lebih tua dalam pikiran.

Faktor gaya hidup lain, seperti: apakah peserta merokok, minum alkohol, mengkonsumsi kopi dan aktif secara fisik, juga diperhitungkan selama penelitian.

Kesimpulan dari penelitian ini sedikit tidak terbatas, menyatakan: “Mungkin, tidur akhir pekan panjang dapat mengkompensasi untuk tidur pendek pada hari kerja.”

Pada bulan Maret, sebuah penelitian yang ditugaskan oleh Healthspan menemukan bahwa rata-rata orang Inggris menghabiskan lebih dari tujuh setengah tahun merasa lelah.(***/theindependent)

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top