Keluarga

Tidur saat Puasa Seharian Ternyata sangat merugikan

Menjaga Kebugaran Tubuh saat Puasa? Begini Caranya! Job-Like.com source: go-dok.com

Menjaga Kebugaran Tubuh saat Puasa? Begini Caranya! Job-Like.com source: go-dok.com

Seharian tidur saat puasa adalah salah satu pilihan terbanyak yang dilakukan banyak orang. Karena dengan tidur kita merasa puasa menjadi ringan dan tidak terasa.

Padahal seharian tidur saat puasa sangat tidak baik untuk kesehatan. Siklus tidur yang berlebihan akan membuat pergerakan metabolisme dalam tubuh menjadi berubah. Selain itu badan akan menjadi mudah lemas dan capek.

Badan yang lemas dan capek karena seharian tidur saat puasa inilah yang merugikan anda. Sebetulnya puasa bukanlah alasan untuk bermalas – malasan justru kita harus menjadikan bulan puasa sebagai bulan penuh berkah dan nikmat. Sebetulnya kita cukup mengganti dan menyesuaikan pola tidur kita dari bulan biasa ke bulan puasa.

Kebiasaan baru inilah yang membuat kita merasa harus memiliki jam tidur tambahan supaya dapat menghilangkan rasa kantuk karena terbangun sahur pada malam hari. Padahal tidur seharian saat puasa tidak menjanjikan anda kehilangan rasa kantuk itu, justru anda dapat kehilangan kesempatan untuk hidup lebih sehat.

Postcomended   Morgan Freeman Merasa 80 Tahun Hidupnya Hancur Seketika

Buatlah Jadwal Baru dalam Menjalankan Puasa
Saat berpuasa anda harus benar – benar mengerti akan kondisi tubuh sehingga jadwal tidur yang anda buat bisa sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Biasanya siklus pada saat anda tidur sekitar 80 sampai 120 menit. Siklus tidur yang anda alami ini memiliki tahapan, yaitu tahapan satu, dua, tiga, empat dan REM (rapid eye movement). Dimana pada tahapan satu dan dua ini anda masih sangat mudah dibangunkan.

Sedangkan pada tahapan tiga dan empat anda sudah sangat sulit untuk bangun dan pada tahapan REM ini jadwal tidur anda mengalami siklus yang lebih lama.

Kebanyakan orang beranggapan bahwa banyak tidur akan membuat badan menjadi segar. Tapi itu semua belum tentu terjadi, kebanyakan mereka yang tidur melebihi jam normal biasanya merasa lemas dan badan tidak fresh. Sehingga menjaga pola tidur saat berpuasa sangatlah penting untuk kesehatan. Pahamilah diri anda dan berikan yang terbaik untuk tubuh.

Postcomended   Tahanan Muslim di LP Anchorage Diduga Diberi Makanan Berbahan Babi untuk Berbuka

Kerugian yang Didapat Apabila Tidur Seharian Saat Berpuasa
Banyak study yang menjelaskan bahwa memperbanyak waktu tidur dari biasanya dapat membuat badan tidak segar, apalagi mereka yang tidur pada pagi hari.

Sebaiknya anda menghindari tidur dipagi hari apalagi saat berpuasa, karena pada waktu pagi seharusnya anda melakukan olahraga kecil dan terkena sinar matahari. Sinar matahari pagi sangat banyak manfaatnya karena dapat memberikan banyak vitamin pada tubuh.

Selain itu, seharian tidur saat puasa sangat merugikan dalam beribadah. Seharusnya kita dapat memaksimalkan ibadah pada bulan ramadhan tapi malah tidur seharian karena merasa ngantuk akibat bangun malam untuk menjalankan sahur.

Oleh karena itu hendaklah anda menghindari seharian tidur saat puasa, carilah matahari pagi dan melakukan kegiatan yang menghindari tidur berlebihan saat berpuasa. Dan sangat disarankan untuk memiliki jadwal tidur yang sesuai kebutuhan.

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top