Lifestyle

Tidur Siang Minimal Sekali Seminggu Terkait Penurunan Risiko Stroke

Share the knowledge

Tidur siang berapapun lamanya menurut penelitian tetap bermanfaat. (gambar dari: https://www.narcity.com/ca/bc/vancouver/lifestyle/8-unique-places-to-take-a-nap-at-ubc)

Tidur siang berapapun lamanya menurut penelitian tetap bermanfaat. (gambar dari: https://www.narcity.com/ca/bc/vancouver/lifestyle/8-unique-places-to-take-a-nap-at-ubc)

Tidur siang sekali atau dua kali seminggu tampaknya akan menurunkan risiko stroke serta serangan dan gagal jantung. Kesimpulan ini merupakan hasil penelitian yang melibatkan 3.462 orang yang yang tidak memiliki riwayat penyakit kardiovaskular pada awal penelitian.

Peserta penelitian berusia antara 35 dan 75 tahun, dan bergabung dengan penelitian antara tahun 2003 dan 2006. Mereka melaporkan seberapa sering mereka tidur siang per minggu dan berapa lama pada awal penelitian, kemudian dua kali lebih banyak antara April 2009 dan 2012, dan Mei 2014 dan April 2017

Tim juga mencatat apakah peserta telah terkena atau meninggal karena kondisi kardiovaskular seperti serangan jantung, gagal jantung, atau stroke.

Studi sebelumnya telah menghasilkan hasil yang beragam pada apakah tidur di siang hari baik atau buruk untuk kesehatan jantung. Sebagian besar studi ini hanya melihat apakah peserta tidur siang atau tidak, bukan seberapa sering atau berapa lama.

Postcomended   Pariwisata Makin Maju, PAD Kab Samosir Naik 81%

Jadi penulis makalah baru yang diterbitkan dalam jurnal Heart ini ingin mengisi kesenjangan pengetahuan ini dengan melihat peristiwa penyakit kardiovaskular di kelompok Swiss.

Peserta ditemukan tidur antara antara lima menit hingga lebih dari satu jam. Mereka yang tidur siang satu atau dua kali seminggu cenderung tidak mengalami serangan jantung atau stroke dibandingkan dengan mereka yang tidak tidur di siang hari.

Tidur Siang Baik, Tak Peduli Berapa Lama 

Subjek tampaknya (tetap) memperoleh manfaat, tidak peduli berapa lama mereka tidur siang; dan tidur di siang hari lebih dari sekali atau dua kali seminggu tampaknya tidak memberikan manfaat tambahan dalam hal kesehatan jantung.

Menunjukkan keterbatasan penelitian ini, rekan penulis studi, Nadine Hausler, dari Rumah Sakit Universitas Lausanne, mengatakan kepada Newsweek, penelitian ini mengandalkan responden yang secara akurat melaporkan seberapa sering dan berapa lama mereka tidur siang.

Postcomended   Pengembangan Empat Bali Baru Dieksekusi Tahun Depan

Juga, para peserta ditanya tentang tidur siang, sehingga jumlah tidur pagi (malam) mungkin diremehkan. Dan karena penelitian ini bersifat observasional dan melibatkan populasi Swiss, tim tidak dapat menemukan sebab dan akibat langsung, dan hasilnya mungkin tidak berlaku untuk negara lain.

Jadi haruskah orang-orang tidur siang untuk melindungi kesehatan jantung mereka? Hausler menjelaskan: “Penelitian kami dilakukan pada populasi yang sehat secara umum, dan dengan demikian kita dapat mengatakan bahwa tidur siang dapat bermanfaat bagi penyakit kardiovaskular untuk orang dewasa yang sehat secara umum. Hasil ini tetap harus dikonfirmasi oleh penelitian lain.”

Dalam penelitian sebelumnya yang ditulis bersama oleh Hausler, para peneliti menemukan bahwa orang lebih cenderung tidur siang jika mereka memiliki kualitas tidur yang buruk pada malam sebelumnya dan jika mereka tidur terlalu singkat.

Mereka mendapati tidur siang tidak memengaruhi cara para peserta tidur atau apakah mereka tidur nyenyak. “Jadi, tidur siang hari bisa mengompensasi tidur malam yang buruk,” kata Hausler. Namun, Hausler menekankan mereka yang menderita insomnia tidak boleh tidur siang.***


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top