Internasional

Tiga Presiden AS Sebelum Trump Tak Berani Pindahkan Ibu Kota Israel ke Yerusalem

Perbedaan Sikap Umat Kristen Soal Donald Trump-Yerusalem - Tirto.ID Tirto.ID1024 × 576Search by image Perbedaan Sikap Umat Kristen Soal Donald Trump-Yerusalem

Perbedaan Sikap Umat Kristen Soal Donald Trump-Yerusalem – Tirto.ID Tirto.ID1024 × 576Search by image Perbedaan Sikap Umat Kristen Soal Donald Trump-Yerusalem

Keriuhan akibat pengumuman Presiden Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel, hari ini bertepatan dengan saat Perdana Menteri Israel, David Ben-Gurion, memproklamasikan Yerusalem sebagai “ibukota abadi” negeri Yahudi tersebut pada 13 Desember, 68 tahun silam. Pada 1995, DPR Amerika Serikat (AS) seolah memperkuat ide tersebut dengan Jerusalem Embassy Act. Namun tiga presiden sebelum Trump, ogah mengeksekusinya.

Pada tanggal tersebut, Knesset –parlemen Israel– untuk pertama kalinya merelokasi tempat pemerintahan pemerintah yang baru lahir itu dari Tel Aviv ke Yerusalem. Ini bertentangan dengan Rencana Pemisahan PBB yang pada 1947 yang menetapkan Yerusalem sebagai kota internasional.

“Selalu ada dan selalu akan menjadi satu modal:  ‘Yerusalem yang Abadi’. Ini (ditetapkan) 3.000 tahun yang lalu, dan dengan demikian akan kita percaya, sampai akhir zaman,” kata Ben-Gurion, seperti dilansir situs New York Post, Rabu (13/11/2017).

Isu Yerusalem, Sikap Donald Trump Bisa Picu Perang Dunia III ... Global - Liputan6.com640 × 360Search by image Sah Jadi Ibukota Israel, Ini Dokumen yang di Tandatangani Donald Trump. Presiden AS Donald Trump menunjukkan dokumen pengumuman Yerusalem ...

Isu Yerusalem, Sikap Donald Trump Bisa Picu Perang Dunia III … Global – Liputan6.com640 × 360Search by image Sah Jadi Ibukota Israel, Ini Dokumen yang di Tandatangani Donald Trump. Presiden AS Donald Trump menunjukkan dokumen pengumuman Yerusalem …

Sehari setelah Israel mengumumkan kemerdekaannya pada 1948, tulis situs tersebut, tetangga Arabnya menyerang negara baru ini namun berhasil dikalahkan. Yerusalem, rumah bagi beberapa situs tersuci dari tiga agama monoteistik, menjadi kota yang terbelah.

Postcomended   23 Juli dalam Sejarah: Foto Bugilnya Beredar di "Penthouse", Vanessa Williams Serahkan Mahkota Miss America-nya

Meskipun baik orang Yahudi maupun Arab tidak seharusnya mengklaim kedaulatan atas kota tersebut, Israel menguasai bagian barat dan Yordania di bagian timur, termasuk Kota Tua yang terkenal ini.

Yerusalem, sebuah kota berpenduduk sekitar 850.000 orang –37 persen Arab dan 61 persen Yahudi– berada di bawah kekuasaan Israel sejak Perang Enam Hari 1967, ketika tentara Israel merebut Yerusalem Timur.

Postcomended   Sebuah Rekaman Mengungkap Donald Trump Akui Ivana Ingin Singkirkan Adik Tirinya

Meskipun pemerintah Israel menganggap Yerusalem sebagai ibukota abadi dan tak terpisahkan, namun pengakuan itu tidak diakui secara internasional. Pada 1980, Knesset mengeluarkan lagi penegasan bahwa Yerusalem –kota yang lengkap dan bersatu ini– sebagai ibu kota Israel.

 

Dewan Keamanan PBB menanggapi aksi tersebut dengan sebuah resolusi yang mengecam aneksasi Israel atas Yerusalem Timur dan menyatakannya sebagai pelanggaran terhadap hukum internasional.

Akibatnya negara-negara lain yang telah memiliki kedutaan besar di Yerusalem di masa lalu, mulai memindahkannya beberapa tahun lalu. Pada 2006, Kosta Rika dan El Salvador adalah yang terakhir menarik diri dan memindahkan ke Tel Aviv.

Postcomended   “Anda Seharusnya Tidak Pernah Remehkan Kuda Hitam”: IAAF Komentari Kemenangan Zohri

Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) selalu berada di Tel Aviv. Namun pada 1995, Kongres (DPR AS) mengeluarkan undang-undang (UU), Jerusalem Embassy Act, yang menetapkan pemindahan ibu kota Israel ke Yerusalem.

Namun dengan alasan kepentingan keamanan nasional, Presiden Bill Clinton, George W. Bush dan Barack Obama, menolak memindahkan ke sana. Mereka memilih menggunakan pengabaian setiap enam bulan untuk menghindari langkah sesuai UU tersebut.***

Dunia Kecam Donald Trump Soal Yerusalem | Republika Online Republika830 × 556Search by image Grafis Yerusalem

Dunia Kecam Donald Trump Soal Yerusalem | Republika Online Republika830 × 556Search by image Grafis Yerusalem

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top