Renault team member, Infiniti Red Bull Racing Team Principal Christian Horner, drivers Sebastian Vettel. (Getty Images)

Tim Aston Martin Red Bull Racing Principal, Christian Horner, memuji kesepakatan daya baru pihaknya dengan Honda Motor Co Ltd. Dengan begitu, untuk 2019 dan 2020, dia akan melihat mobilnya mulai menggunakan produk Jepang, dan meninggalkan pabrikan Prancis.

Honda akan menggantikan Renault sebagai kekuatan pendorong di belakang ambisi gelar Formula 1 mereka, setelah 12 tahun dan delapan gelar juara dunia bersama pabrikan Prancis itu. Kendati begitu, tim akan terus berlomba dengan nama Aston Martin Red Bull Racing.

Pebalap Inggris itu mengungkapkan, “Perjanjian multi-tahun dengan Honda ini menandai dimulainya fase baru yang menarik dalam upaya Aston Martin Red Bull Racing untuk bersaing tidak hanya untuk memenangkan grand prix tetapi untuk apa yang selalu menjadi tujuan kami, ‘gelar juara’.”

“Kami selalu mengambil keputusan seperti ini tanpa memakai perasaan dan dengan hanya satu kriteria dalam pikiran bahwa kami percaya hasilnya akan memungkinkan kami untuk bersaing di tingkat yang lebih tinggi. Setelah pertimbangan dan evaluasi yang cermat kami yakin kemitraan dengan Honda adalah arah yang tepat untuk tim,” jelas Horner.

Lebih lanjut Horner mengatakan, pihaknya terkesan oleh komitmen Honda untuk F1, dengan langkah cepat yang mereka lakukan dalam waktu belakangan ini dengan tim saudara kami Scuderia Toro Rosso (yang dimulai pada 2018), dan dengan ruang lingkup ambisi mereka yang cocok dengan kami.

“Kami melihat bahwa kami akan maju dengan Honda di tahun-tahun mendatang dan untuk berlomba bersama dalam mengejar hadiah terbesar F1,” ujar Horner.

Dengan berpisahnya dengan Renault, Horner tak lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada pabrikan Prancis ini untuk kebersamaan selama 12 tahun terakhir; suatu periode yang menurut Horner telah membuat timnya mengalami beberapa momen luar biasa. “Fokus kami untuk sisa tahun ini masih sangat memberikan hasil terbaik yang mungkin di Kejuaraan 2018,” sebut Horner.

Takahiro Hachigo, Presiden & Direktur Perwakilan Honda Motor Co., Ltd. Mengatakan, “Setelah menjalin hubungan baik dengan Scuderia Toro Rosso, kami memutuskan untuk memperpanjang keterlibatan Formula 1 kami ke tim lain di keluarga Red Bull, Aston Martin Red Bull Racing, sejak musim 2019.”

Memiliki dua tim, kata Hachigo, berarti pihaknya dapat mengakses data dua kali lebih banyak dari sebelumnya. Dia mengaku percaya bahwa bekerja dengan Toro Rosso dan Red Bull Racing adalah seperti membangun dua kemitraan yang kuat, yang akan memungkinkan Honda lebih dekat pada tujuan memenangkan perlombaan dan kejuaraan.(***/redbullcontentpool)

Share the knowledge