Pembaca majalah TIME tampaknya banyak yang tidak menyadari –atau mungkin juga tak peduli– bahwa beberapa foto sampul majalah berbasis di Amerika Serikat (AS) ini diambil menggunakan kamera ponsel. Dalam publikasi terbarunya, TIME telah secara eksklusif menggunakan kamera iPhone untuk pemotretan edisi “Firsts: Women Who Changing The World”.

Gambar-gambar wanita perkasa pada edisi tersebut ternyata hanya diambil oleh kamera iPhone oleh fotografer Brasil, Luisa Dorr. Selama tahun lalu, Luisa telah menggunakan iPhone 5, iPhone 6, iPhone 6, dan iPhone 7 untuk menangkap gambar wanita-wanita terkenal seperti Hillary Clinton, Oprah Winfrey, Melinda Gates, Sylvia Earle, Alice Waters, Mae Jemison, Cindy Sherman, dan banyak lagi.

Dalam wawancara dengan TIME, Luisa mengatakan bahwa dia menggunakan iPhone karena menawarkan gambar yang bagus kapanpun dan dimana saja. Selain itu Luisa beranggapan tak ada banyak gangguan pada subjek saat foto diambil memakai iPhone.

Postcomended   Incorporated on Geo-Tourism

Keunikan gambar yang diambil Luisa menggunakan iPhone tersebut karena hanya menggunakan cahaya alami, atau paling banter cermin. Padahal jika menggunakan kamera profesional, akan lebih banyak peralatan pencahayaan dan produksi yang dipakai.

“Saya suka kesederhanaan yaitu bagaimana gambar-gambar ini dibuat. Tapi yang terbaik adalah sebagai fotografer, saya menjadi merasa sangat ringan dan bebas seolah-olah saya bisa membuat gambar dengan tangan saya. Tidak ada suara, gadget, peralatan, atau colokan, hanya subjek dan saya sendiri,” ujar Luisa.

Luisa mengatakan bahwa wanita yang dipotretnya “terkejut” menjadi subyek pemotretan dengan memakai iPhone. Seringkali dia melakukan pekerjaannya hanya dalam hitungan menit.

Postcomended   Nyanyi Bareng di Konser SLANK, Mensos Sisipkan Pesan Kebangsaan

Setiap potret diambil menggunakan kamera iPhone biasa dengan format persegi. HDR otomatis dihidupkan untuk detail pencahayaan lebih banyak dalam foto-foto tersebut.

HDR adalah aplikasi yang dapat membantu menjepret foto lebih baik di lokasi-lokasi dengan berbagai kondisi pencahayaan.

Luisa adalah fotografer yang sengaja direkrut Kepala Fotografi TIME, Kira Pollack, untuk mengerjakan proyek ini.***

 

Postcomended   Gerbang tol Salatiga #KabarPUPR