Lifestyle

Tingkat Kematian Pengonsumsi Susu dan Turunannya Lebih Rendah

https://nutritionreview.org/2017/03/whole-fat-dairy-products-linked-to-lower-body-fat-and-blood-pressure/

Susu dan produk susu (sumber foto: nutritionreview.org)

http://Giliran berita bagus untuk para penggemar produk susu dan turunannya, antara lain keju. Namun memang, temuan yang dipublikasikan di The Lancet ini bertentangan dengan rekomendasi diet yang menyarankan agar tidak mengonsumsi produk susu penuh lemak. Mari cari tahu lebih jauh.

Sebuah penelitian menunjukkan, makan tiga porsi produk susu sehari dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Kesimpulan ini diambil setelah para ilmuwan menganalisis makanan lebih dari 130.000 orang di hampir dua lusin negara.

Mereka lalu menemukan, makan setara dengan satu porsi (244 gram, atau 8,6 ons) susu atau yogurt penuh lemak, potongan keju seberat 15 gram (0,6 ounce) atau satu sendok teh mentega, bisa bermanfaat bagi kesehatan.

Temuan ini jelas bertentangan dengan yang ditetapkan Pusat Pedoman Pengendalian Penyakit dan Pencegahan untuk tahun 2015 hingga 2020, misalnya, yang lebih menyarankan mengonsumsi susu bebas lemak atau rendah lemak dalam rekomendasi utamanya.

Mahshid Dehghan, seorang peneliti pada program Epidemiologi Gizi di Institut Riset Kesehatan Populasi Universitas McMaster, sekaligus sebagai penulis utama studi ini, mengatakan kepada Newsweek bahwa PURE adalah studi multinasional pertama dari negara berpenghasilan rendah, menengah dan tinggi yang menilai hubungan antara asupan susu, dan risiko hasil klinis.

“Kami menyediakan bukti baru dan menyarankan bahwa konsumsi susu moderat mungkin bermanfaat khususnya di negara berpenghasilan rendah dan menengah di mana asupan susu rendah,” ujarnya.

Para peneliti di Universitas McMaster mengevaluasi informasi tentang 136.384 relawan antara usia 35-70 dari studi Prospective Urban Rural Epidemiological (PURE). Pada awal penelitian, para peserta mengisi kuesioner tentang makanan mereka.

Postcomended   Studi: Para Suami, Berhentilah Merokok Saat Rencanakan Kehamilan Istri

Peneliti lalu meninjau kembali peserta sembilan tahun kemudian. Pada waktu itu, 6.796 peserta telah meninggal, dan 5.855 telah mengalami serangan jantung atau kejadian kardiovaskular lainnya.
Para sukarelawan dibagi menjadi empat kategori: mereka yang makan lebih dari dua porsi susu per hari, satu hingga dua porsi, satu porsi, dan yang tidak ada susu sama sekali. Kebanyakan orang masuk dalam kelompok satu porsi.

Peserta di Amerika Utara dan Eropa mengonsumsi susu terbanyak pada 368 gram (sekitar 13 ons) sehari, atau lebih dari empat porsi. Sebaliknya, responden di Asia Tenggara makan sedikitnya 37 gram (sekitar 0,25 ons) per hari.

Tingkat Kematian Lebih Rendah

Mereka yang mengonsumsi susu paling banyak, rata-rata 3,2 porsi per hari, memiliki tingkat kematian yang lebih rendah pada 3,3 persen dari baseline dan risiko 3,7 persen terkena penyakit kardiovaskular. Tetapi mereka yang makan kurang dari 0,5 porsi susu memiliki tingkat kematian total 44,4 persen, dan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 5 persen.

Karena penelitian itu bersifat observasional, ia memiliki batas-batasnya. Para ilmuwan hanya dapat menyimpulkan bahwa mengonsumsi susu dapat mencegah penyakit jantung atau menurunkan risiko seseorang dari kematian dini, dan penjelasan lainnya dapat menjelaskan hasilnya. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menjawab apa yang membuat pola-pola ini muncul dari data.

Namun, Dehghan menjelaskan, rekomendasi saat ini pada produk susu rendah lemak fokus pada bahaya yang diduga dari asam lemak jenuh pada satu penanda risiko kardiovaskular (LDL kolesterol/kolesterol jahat), serta kekhawatiran tentang kalori yang lebih tinggi dalam makanan lemak tinggi.

Postcomended   Minggu ke-4 sampai ke-10, Masa Krusial Pembentukan Bibir

“Produk susu mengandung berbagai senyawa yang berpotensi bermanfaat termasuk asam amino spesifik, lemak rantai menengah dan lemak jenuh ganjil, fosfat lemak globulil lemak susu, lemak rantai tak jenuh dan bercabang, lemak trans alami, vitamin K1 / K2, dan kalsium, dan selanjutnya dapat difermentasi agar mengandung probiotik, banyak yang juga dapat mempengaruhi hasil kesehatan,” katanya.

Manfaat kesehatan potensial dari produk susu seharusnya tidak diabaikan (hanya) karena satu penanda risiko asam lemak, ia berpendapat. Namun, para penulis mengatakan bahwa sikap saat ini terhadap produk susu yang berasal dari keyakinan bahwa lemak jenuh sangat berbahaya bagi kesehatan kardiovaskular, mungkin perlu ditinjau kembali.

Manfaat potensial dari senyawa yang ditemukan dalam produk susu, seperti asam amino tertentu, vitamin K1 dan K2, kalsium, magnesium, potasium dan beberapa probiotik menjamin penyelidikan lebih lanjut.

Emer Delaney, seorang ahli gizi berkualifikasi dan juru bicara Asosiasi Dietetik Inggris, mengatakan kepada Newsweek: “Hasilnya sangat menarik karena mereka mendukung penggunaan produk susu berlemak dalam penyakit kardiovaskular dibandingkan dengan rendah lemak atau bebas lemak, yang disarankan oleh pedoman saat ini. ”

Namun kata dia, “Penelitian lebih banya diperlukan sebelum pedoman atau rekomendasi utama diubah.” Mengomentari konsumsi susu pada umumnya, dia berkata: “Tidak disarankan bagi orang untuk mengurangi asupan pilihan rendah lemak jika mereka khawatir. Demikian pula, orang tidak boleh mengambil hasil yang berlebihan dan makan susu sebanyak yang mereka suka.”

Postcomended   Ingin Perut Rata? Katakan Dadah pada Stress

“Produk penuh lemak masih tinggi kalorinya, dan seperti yang lainnya, dapat menyebabkan kenaikan berat badan jika dimakan berlebihan. Makan dua hingga tiga porsi makanan kaya kalsium sehari adalah rekomendasi untuk orang dewasa yang sehat. Juga studi ini melihat penyakit kardiovaskular saja dan pembaca perlu mengingat itu. ”

Ian Givens, seorang profesor nutrisi rantai makanan di Universitas Reading, yang tidak terlibat dalam penelitian, mengatakan kepada Newsweek: “Penelitian ini akan menambah saran bahwa pedoman diet harus mempertimbangkan makanan serta nutrisi. Ini juga menambah bobot pada bukti bahwa lemak jenuh dari susu (terpisah dari mentega) tidak terkait dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, tidak seperti beberapa sumber lain.”***

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top