Internasional

Toko Mainan Hamleys Inggris Dibeli Konglomerat India dari Konglomerat Cina

Share the knowledge

 

Toko mainan Hamleys yang sangat dicintai, kini dimiliki konglomerat India (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=_TsnE16wVaM)

Toko mainan Hamleys yang sangat dicintai, kini dimiliki konglomerat India (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=_TsnE16wVaM)

Salah seorang pria terkaya di Asia, Mukesh Ambani, telah membeli toko mainan Inggris, Hamleys, dari pemilik sebelumnya yang juga orang Asia (Cina), dengan harga 88 juta dollar AS (sekitar Rp 1,2 triliun).

Reliance Brands milik Ambani mengumumkan Kamis (9/5/2019) bahwa mereka telah membeli pengecer mainan Inggris berusia 259 tahun ini dari konglomerat mode Cina yang terdaftar di Hong Kong, C.Banner International Holdings.

“Akuisisi seluruh dunia atas merek Hamleys yang ikonik, menempatkan Reliance ke garis depan ritel global,” Darshan Mehta, presiden dan CEO Reliance, mengatakan dalam sebuah pernyataan, yang dikutip AFP.

Postcomended   Gaet Orang Tesla dan Google, Apple Lirik industri Mobil Swakemudi

Ambani, yang kekayaannya bernilai sekitar 50 miliar dollar AS menurut Forbes, awalnya menghimpun kekayaan dari bisnis penyulingan minyak dan petro-kimia, tetapi kerajaan Reliance-nya telah bercabang ke dalam segala hal mulai dari telekomunikasi hingga jaringan kabel dan perusahaan teknologi.

Dalam beberapa tahun terakhir dia telah memperluas portofolio ritelnya secara besar-besaran, mengambil serangkaian merek terkenal seperti Burberry, Canali, Paul Smith, Armani, Just Cavalli dan Jimmy Choo.

Ambani mengatakan dia berharap kerajaan sayap bisnis konsumennya ini akan berkontribusi sebanyak pendapatan dari konglomerasi bisnis energi intinya pada akhir 2028.

Dia saat ini terlibat dalam persaingan sengit dengan Amazon dan Walmart dalam perlombaan berkelanjutan untuk mendominasi pasar ritel India. Pembelian Hamleys yang sangat dicintai ini akan membantu mendukung pertarungan itu.

Postcomended   Ponsel HTC Rontok Digempur Persaingan dengan Apple dan Samsung

Terkenal karena toko utamanya yang sangat besar di London –yang menjadi objek wisata yang menerima lima juta pengunjung per tahun– Hamleys telah berkembang secara internasional sejak pertengahan 2000-an.

Reliance sudah memiliki perjanjian waralaba untuk India, menjalankan 88 toko di 29 kota, tetapi pembelian itu sekarang membawa total 167 toko di 18 negara.

Akan tetapi sementara mereknya dikenal, Hamleys telah berjuang. Banderol harga 88 juta dollar AS itu hanya setengah dari yang dibayar C.Banner kepada pemilik sebelumnya, Groupe Ludendo di Prancis, pada 2015.***


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top