Pentingnya Perencanaan Bagi Bisnis Anda Jurnal.id1201 × 628Search by image Startup adalah perusahaan atau bisnis yang belum lama terbentuk. Perusahaan ini biasanya masih dalam proses pengembangan dan riset untuk menemukan pasar ...

Pentingnya Perencanaan Bagi Bisnis Anda Jurnal.id1201 × 628Search by image Startup adalah perusahaan atau bisnis yang belum lama terbentuk. Perusahaan ini biasanya masih dalam proses pengembangan dan riset untuk menemukan pasar …

Tahun 2016 tercatat setidaknya dua pendiri startup (perusahaan rintisan) terkemuka negeri ini, hengkang dari usaha yg didirikannya. Pada bulan sama, Oktober 2016, Michelangelo “Mikey” Moran, mundur dari Gojek. Tak lama kemudian Ken Dean Lawadinata dikabarkan cabut dari Kaskus. Hengkangnya Mikey ini bahkan menyusul keluarnya pendiri Gojek lainnya, Alamanda Shantika, beberapa minggu sebelumnya. Apakah mereka lelah?

Tak berhenti di 2016, pada 2017 sejumlah petinggi startup lain juga memilih mengundurkan diri. Sebut saja Daniel Tumiwa, CEO OLX Indonesia.

Info terbaru datang dari Louis Beryl. Salah satu pendiri dan CEO Earnest Incorporation ini mengundurkan diri dari startup asal San Fransisco, AS, ini, pada Januari 2018. Beryl mengundurkan diri setelah perusahaan pembiayaan daring itu diakuisisi oleh penyedia pinjaman untuk pelajar, Navient Corp., seharga 155 juta dolar AS.

Pola sama seolah-olah terjadi di semua perusahaan rintisan. Baik Alamanda maupun Mikey hengkang dari Gojek setelah perusahaan transportasi berbasis aplikasi daring ini juga diakuisisi. Pada Agustus 2016, Go-Jek seperti dilansir situs Kompas, menerima suntikan modal senilai 550 juta dolar AS atau lebih dari Rp 7,2 triliun dari konsorsium global yang terdiri dari sejumlah investor baru, termasuk KKR, Warburg Pincus, Farallon Capital, dan Capital Group Markets.

Postcomended   Antara Daging Anjing dan Daging Sapi

Investor sebelumnya adalah Sequoia India, Northstar Group, DST Global, NSI Ventures, Rakuten Ventures, dan Formation Group, yang juga ikut serta dalam sesi pendanaan ini. Investasi baru ini akan dipakai untuk menumbuhkan skala operasi dan kualitas layanan-layanannya, termasuk java ojek, pengiriman makanan, kurir, e-wallet (Go-Pay), dan mobil panggilan Go-Car.

Gojek diketahui kembali dikucuri investasi oleh raksasa teknologi informasi asal Cina, Tencent, pada Mei 2017, dengan jumlah spektakuler, Rp 16 triliun.

tokoh | Lomba Cerpen Femina 2015-2016 - WordPress.com700 × 498Search by image Traveloka

tokoh | Lomba Cerpen Femina 2015-2016 – WordPress.com700 × 498Search by image Traveloka

Alasan Mikey undur diri dari Gojek seperti diungkapkannya di akun Facebook-nya tentu saja normatif. Dia menulis antara lain bahwa dia merasa telah mengalami banyak pasang naik dan turun yang besar.

“Tapi Anda harus ingat untuk menjaga diri sendiri dan tidak memaksakan batas. Saya juga telah belajar bahwa menjadi sukses memiliki manfaatnya, tapi Anda hanya akan merasa lengkap jika Anda bahagia di akhir cerita itu. Perjalanan yang luar biasa selama 6 tahun, tapi dengan hati yang sedih dan berat, waktuku di GO-JEK telah berakhir,” tulis pencipta logo Gojek ini.

Pada bulan yang sama, salah seorang pendiri Kaskus, Ken Dean Lawadinata, juga mengumumkan pengunduran dirinya dari startup berbagi informasi Kaskus. Seperti diketahui, Kaskus telah diakuisisi PDB, perusahaan modal ventura yang terkait dengan produsen rokok Djarum, sejak 2011.

Ken bermitra dengan Kaskus di tahun 2008. Sebagai CEO, ia membantu menumbuhkannya menjadi bisnis profesional.

Postcomended   Facebook Hapus Akun Britain First, Kelompok Anti-Muslim di Inggris

Dilansir “Techin Asia”, hengkangnya Ken sepenuhnya dari Kaskus tidak terlalu mendadak. Pada 2013, beberapa tahun setelah investasi PDB, Ken dan mitra pendiri asli lainnya, Andrew Darwis, meninggalkan posisi sebagai CEO dan CTO Kaskus. Masing-masing mengambil peran sebagai ketua dan penasihat. Sementara itu kepemimpinan Kaskus kini diambil alih oleh kepala usaha PDB, Martin Hartono.

5 Inovator Muda Indonesia Sukses yang Menginspirasi - Serupedia.com serupedia.com598 × 314Search by image Nikmati konten di serupedia untuk menambah wawasanmu. Semoga bermanfaat dan menginspirasi !

5 Inovator Muda Indonesia Sukses yang Menginspirasi – Serupedia.com serupedia.com598 × 314Search by image Nikmati konten di serupedia untuk menambah wawasanmu. Semoga bermanfaat dan menginspirasi !

Salah satu alasan Ken keluar dari Kaskus karena menurut dia kondisi pasar teknologi informasi (TI) di Indonesia sedikit mengalami gelembung. “Semua orang mengajukan valuasi konyol tanpa tanda keuntungan dalam waktu dekat,” ujar Ken.

Ken lalu membuka rahasia bahwa dia memilih melakukan diversifikasi investasi ke bidang lain seperti pertambangan. “Singkatnya saya dalam mode penemuan untuk investasi di luar sektor IT saat ini, sampai valuasi sedikit masuk akal.”

Terlepas dari apapun alasan yang diungkapkan para pendiri startup mengundurkan diri dari usaha rintisannya itu, memang ada tren bahwa mereka hengkang setelah perusahaannya itu diakuisisi.

Dilansir situs “Daily Social” dari “Quora”, CEO dan Co-Founder EchoSign, Jason M. Lemkin, mencoba menganalisis mengapa para CEO keluar setelah terjadi proses akuisisi. Lemkin sendiri cabut dari EchoSign setelah startup ini diakuisisi Adobe.

Postcomended   Menpar Turun Langsung Melatih Pengemudi Blue Bird

Alasan pertama pendiri hengkang adalah mereka tidak bisa bekerja untuk orang lain. Tidak menjadi boss tak apa-apa, namun kata Lemkin, mereka tidak terima ketika perusahaan yang mengakuisisi mengatur apa yang harus dilakukan dan yang tidak.

Alasan lainnya adalah keinginan untuk membangun produk lainnya dan memulai petualangan baru. Sebagian lain juga mulai merasa lelah dan sekadar perlu istirahat.

Bilapun proses akuisisi berjalan dengan baik, sebut Lemkin, kebanyakan CEO akan bertahan 2-3 tahun saja. Bisa pula mereka undur diri dengan alasan insentif ekonomi yang tidak memuaskan dari perusahaan pengakuisisi.(*/kompas/bisnis/techinasia/dailysocial)

 

#startup #online #uber #gojek #startuplife #onlinegaming #lyft #gofood #entrepreneurship #ubercode #instagamer #playinggames #videogameaddict #instagame #entrepreneur #instagaming #businessman #business #onlineshopping #gamestagram #lyftcode #startups #games #gamin #entrepreneurlife #entrepreneurs #gamerguy #videogames #businessowner #businesswoman #gaming #gamergirl #lyftpromocode #marketing #gamer #playing #uberpromocode #uberride #shop #uberfree #ps4 #success #kulinerjakarta #winning #successful #rideshare #hustle #lyftride #lyftfree #dogers #staduim #caltrain #bo3 #game #digitalmarketing #successquotes #play #olshop #store #sidecar #entrepreneurlifestyle #gtav #ceo #gta #onlinestore #ambition #igaddict #callofduty #motivational #businesslife #money #uberx #onlinebusiness #grind #freeuber #traffic #smallbusiness #siliconvalley #branding #onlinemarketing #giants #bart #49ers #uberla #socialmedia #uberpromo #wealth #anakjajan #sharks #promocode #freeuberride #ubernyc #ubereats #oakland