The Hill

Presiden AS, Donald Trump, merasa di atas angin ketika sejumlah pemilik motor besar Harley Davidson (HD) di Amerika, berencana memboikot perusahaan ini jika memindahkan sejumlah produksinya ke luar negeri. Trump pernah memuji sekaligus mengkritisi HD sebagai “ikon Amerika sejati”, namun malah bakal memindahkan sejumlah produksinya ke luar negeri.

Melalui akun Twitter-nya @realDonaldTrump, Trump memberikan dukungan kepada para pemilik moge ini. “Hebat!” kata Trump. “Perusahaan besar lain kebanyakan datang ke arah kami, termasuk pesaing Harley. Langkah yang benar-benar buruk! AS akan segera memiliki level bermain sendiri, atau lebih baik,” tulisnya, Minggu (12/8/2018).

Bloomberg melaporkan, Trump telah mengecam produsen sepeda motor ikonik yang bermarkas di Milwaukee ini berkali-kali,  setelah pernah memujinya di awal kepresidenannya. Komunikasi mesra itu berubah setelah HD mengumumkan rencana pada awal musim panas ini bahwa mereka akan mengalihkan produksi sepeda motor untuk pasar Eropa ke fasilitas luar negeri.

Ini terjadi setelah pemerintah Trump memberlakukan tarif curam untuk komoditas baja dan aluminium yang mendorong tindakan pembalasan dari Uni Eropa dan sekutu AS lainnya. Kondisi ini menurut pihak HD akan meningkatkan biaya produksi sebesar 2.200 dollar AS (sekitar Rp 30,8 juta) untuk setiap moge yang dikirim ke sana. Namun Harley menegaskan bahwa sepeda motor yang dijual di AS bukan yang diproduksi di luar negeri.

Postcomended   Bintang "Walk of Fame" Donald Trump, Raib Dicungkil

Pernyataan Trump ini disampaikan sehari setelah dia menyambut para motoris di lapangan golfnya di Bedminster, New Jersey, AS, dua hari lalu, terkait artikel di New York Times yang mengutip beberapa pemilik Harley-Davidson yang mengkritik perusahaan itu dalam sebuah rapat di Sturgis, South Dakota.

Beberapa pemilik sepeda motor Harley-Davidson mengatakan mereka akan memboikot perusahaan jika jadi mengalihkan beberapa produksi ke luar negeri. Beberapa pemilik HD yang berbicara kepada New York Times pada unjuk rasa baru-baru ini di South Dakota, mengatakan, mereka berencana untuk berhenti membeli sepeda motor ini.

“Saya mengendarai Harley terakhir saya (dan) Itu buatan Amerika, dan itulah sebabnya kami berdiri di belakang mereka (HD),” kata biker berusia 67 tahun, Gary Rathbun, kepada New York Times. Gary Panapinto, seorang ahli mesin dari Illinois, menambahkan, Harley-Davidson harus menjaga fasilitas manufakturnya sepenuhnya berbasis di AS jika berencana untuk menjualnya di pasar AS.

Postcomended   Membedah Arti Panel Lipid Anda: Mepereteli Makna Angka-angka Kolesterol (1)

“Mereka harus menyimpan (pabrik)-nya di sini, di Amerika Serikat, terutama jika mereka akan menjualnya di sini. Saya pikir Trump hanya mencoba melindungi pekerjaan di AS,” kata Panapinto. Motoris lainnya, Oliver Lapointe, mengatakan, HD selalu mengiklankan bahwa mereka dibuat di Amerika, namun dia sendiri mengendarai buatan Jepang.

Pihak Harley-Davidson sendiri telah menyatakan bahwa sepeda motor yang diproduksi di luar AS adalah untuk pasar Eropa. Namun beberapa motoris mengatakan kepada NY Times bahwa perusahaan sekadar menggunakan isu tarif Trump sebagai alasan untuk melakukan outsourcing produksi.

Bulan lalu, Trump menyatakan di Twitter-nya bahwa Harley-Davidson seharusnya “tidak pernah” dibangun di luar negeri. Dia menyerang rencana pemindahan beberapa produksi sepeda motor ikon Amerika ini ke luar negeri. Padahal perusahaan juga beralasan melakukannya akibat terompet perang tarif yang ditiup Trump tersebut.

Perusahaan memindahkan beberapa produksi ke luar negeri untuk menghindari tarif Eropa. Trump  mengatakan, pabrik terbaru di Thailand untuk membangun sepeda motor ikonik AS ini, akan menjadi penanda perusahaan “menyerah” dan “dimulainya suatu akhir”. Harley Davidson, ancam Trump, tidak akan bisa menjual sepeda motornya kembali ke AS dari Thailand “tanpa membayar pajak besar”.

Postcomended   Lauren Cohan: Iko Uwais The Next Jackie Chan

Bulan lalu, Uni Eropa emberlakukan tarif pembalasan atas barang-barang AS, termasuk bourbon, jus jeruk, dan sepeda motor. Tarif UE adalah respon terhadap bea masuk baru AS pada impor baja dan aluminium.***

 

Share the knowledge