Mbah Sri (sumber: Facebook)

Sejumlah foto yang diposting akun Facebook Ponorogo Peduli, memperlihatkan seorang nenek, buta, tinggal di dalam “rumah” yang terhimpit tembok rumah lain. Akses menuju rumah nenek bernama Sri ini hanya satu lorong selebar sekitar 30 cm. Hanya orang berbadan tipis yang bisa mencapai rumah Mbah Sri, itupun harus miring. Sejak diunggah pada 12 Oktober, postingan ini telah disukai sebanyak 11.000 dan 6.600 komentar.

Saat ditemui tim dari Ponorogo Peduli (PP), kondisi Mbah Sri cukup memprihatinkan. Dia hanya bisa duduk dengan kondisi kumal; mungkin sudah lama sejak beliau mandi terakhir. Di dalam rumahnya yang lebih tepat disebut ruangan selebar 2×4 meter itu terdapat dipan tempat Mbah Sri tidur, perkakas yang berserakan, pompa air, bak, dan tempat untuk BAB.

Satu-satunya akses ke rumah Mbah Sri (sumbet: Facebook)

Menurut tim Ponorogo Peduli, Mbah Sri yang beralamat di Jalan Argopuro Gg.1 RT4 RW1 Kelurahan Bangunsari, Ponorogo, Jawa Timur, ini, hidup sebatang kara. Untuk kebutuhan makan dan minumnya, ditanggung secara swadaya oleh warga setempat dari patungan kas RT. Kelurahan Bangunsari disebut termasuk berada di tengah Kota Ponorogo.

Tim Ponorogo Peduli menulis, Mbah Sri tidak menikah. Sementara keluarganya tak diketahui keberadaannya. “Andai suatu saat nanti si mbah sakit parah atau ninggal, bagaimana cara mengeluarkan badan mbah e ini dr rumahnya?” tulis tim Ponorogo Peduli.

sumber: Facebook

Untuk memberi perhatian pada Mbah Sri, selain patungan dari kas RT, warga sekitar juga bergiliran mengurus Mbah Sri.

Hingga hari ke-3, netizen masih aktif mengomentari postingan ini.  Banyak yang mendoakan, menangis, berterimakasih kepada warga yang merawat, atau marah-marah menyalahkan pemerintah.

sumber: Facebook

Akun Indri Widya, mewakili banyak komentar sejenis, menulis: Bawa kepanti jompo aja.
Disana kan udah ada yg ngerawat dan jagain toh.
Semoga allah selalu melindungi mbah Sri.
Jd inget mbah ee neng kampung😭😭

Akun Djenar Ayu menulis: Untuk warga tidak mampu ini ada program loh dari lansia untuk bantuan permakanan, ato koordinasi rt rw kelurahan agar bisa dimasukkan panti jompo dibawah naungan dinas sosial. Kasian mbahnya harus sendirian, paling tidak di panti banyak teman2.

Netizen bernama Yuzati Almi menulis: Tetangganya aja gimana gitu deh. Ga ikhlas amat ngasih jalan 1meter buat jalan. Miris bgt liatnya..

Sementara itu tim Ponorogo Peduli membuka rekening untuk meringankan kehidupan Mbah Sri. “Atau silakan bagi yang ingin langsung ke TKP,” tulis mereka. Alamat Mbah Sri: Jalan Argopuro Gg.1 RT4 RW1 Kelurahan Bangunsari, Ponorogo, Jawa Timur,

Nomor Rekeningnya adalah: BRI: 3843-01-022414-53-1, a.n.: PONOROGO_PEDULI. Call/WA: +62335156008. Semoga amanah!***

Share the knowledge