Mysterious Thing • Conspiracy • Controversy • UFO & Alien ... Indo Crop Circles - WordPress.com640 × 384Search by image Tampak badai siklon tropis Cempaka dan Dahlia pada bulan November 2017 silam.

Mysterious Thing • Conspiracy • Controversy • UFO & Alien … Indo Crop Circles – WordPress.com640 × 384Search by image Tampak badai siklon tropis Cempaka dan Dahlia pada bulan November 2017 silam.

Secara geografis, Indonesia tergolong jarang mengalami badai/siklon tropis. Namun belakangan ini, hujan badai disertai angin puyuh dan hujan es, semakin sering menghantam negeri ini. Dua badai terakhir yang menghantam Indonesia, Cempaka dan Dahlia, menurut otoritas terkait terbilang baru di Indonesia. Bahkan setelah Dahlia usai menggoyang Indonesia bagian Barat, badai baru mungkin alan lahir. Mungkin dengan awalan huruf E.

“Ini betul-betul suatu pengalaman baru bagi kita khususnya setahun terjadi dua siklon, bahkan seminggu.” Hal itu diungkapkan Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Mulyono Rahadi Prabowo, dikutip Kompas, Kamis (30/11/2017).

Pembentukan dua siklon tropis sekaligus dalam satu waktu di Indonesia, kata Mulyono, merupakan pertama kali dalam sejarah. Bahkan Mulyono memprediksi, setelah Dahlia, tak menutup kemungkinan terjadi siklon tropis baru lainnya dalam waktu dekat.

Seperti diketahui, pekan terkahir November 2017, kawasan Jawa Timur dan Jawa Tengah bagian selatan, dihantam Siklon Cempaka. Sedikitnya 19 orang dinyatakan tewas, dengan kerugian menembus angkan di atas Rp 1 triliun.

Waspada, Usai Cempaka dan Dahlia Ada 2 Bibit Siklon Tropis Baru ... Liputan6 News640 × 360Search by image Badai Dahlia Mengancam Wilayah Jakarta dan Sekitarnya

Waspada, Usai Cempaka dan Dahlia Ada 2 Bibit Siklon Tropis Baru … Liputan6 News640 × 360Search by image Badai Dahlia Mengancam Wilayah Jakarta dan Sekitarnya

Usai Cempaka, giliran kawasan Indonesia bagian barat digoyang Siklon Dahlia. Kendati tak membawa air dalam jumlah mematikan, namun angin kencang meruntuhkan pepohonan dan plang iklan di berbagai kota. Pepohonan dilaporkan roboh di kawasan Puncak, Bogor, dan Lembang, Bandung.

Postcomended   Siklon Cempaka Tenggelamkan Gua Jomblang

BMKG mengumumkan terbentuknya siklon tropis Cempaka pada Senin (27/11/2017) di perairan Selatan Jawa Tengah, sekitar 100 Km sebelah selatan tenggara Cilacap, pada titik 8,6 lintang selatan dan 110,9 bujur timur.

Ketika siklon tropis melemah pada Rabu (29/11/2017), BMKG melaporkan lahirnya Siklon Dahlia di wilayah 470 km sebelah barat daya Bengkulu, pada 8,2 derajat Lintang Selatan dan 10,8 derajat Bujur Timur.

Deputi Bidang Klimatologi BMKG, Herizal, mengatakan, perubahan iklim ikut berperan menambah semakin banyaknya siklon. Misalnya saja El Nino dan La Nina yang sebelumnya terjadi dalam rentang waktu 7-11 tahun, kini lebih cepat.

Postcomended   Rotasi Bumi Melambat, Wilayah Khatulistiwa Terancam Gempa Besar pada 2018

Tercatat sebelumnya sejumlah siklon tropis telah terbentuk di Indonesia, sebut saja pada April 2008 terbentuk siklon tropis Durga di perairan barat daya Bengkulu. Pada  Oktober-November 2010 siklon Anggrek menerjang perairan barat Sumatera. Desember 2014, dilaporkan terjadi siklon Bakung di barat daya Sumatera.

Usai Cempaka, Warga Diimbau Waspadai Siklon Tropis Dahlia ... nasional.republika.co.id830 × 556Search by image Pegawai Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menujukkan sirkulasi cuaca (ilustrasi

Usai Cempaka, Warga Diimbau Waspadai Siklon Tropis Dahlia … nasional.republika.co.id830 × 556Search by image Pegawai Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menujukkan sirkulasi cuaca (ilustrasi

Terbentuknya siklon disebabkan perbedaan tekanan udara di permukaan di wilayah Indonesia, selain akibat adanya anomali pada suhu permukaan laut.

Saat ini kata Mulyono, matahari berada di selatan Bumi, yang membuat bagian ini lebih hangat dibanding bagian utara. Atmosfer di bagian ini pun menjadi lebih cair dan lebih renggang, sehingga tekanan udara pun menjadi lebih rendah. Kondisi ini membentuk lubang besar atau dalam, sehingga aliran udara akan masuk ke lubang tersebut. Maka terbentuklah bibit siklon.

September hingga Maret potensial terjadi siklon tropis di sebelah selatan ekuator. Sementara masa panen siklon di Indonesia terjadi pada November-Januari. Potensi terbentuknya bibit siklon pindah ke wilayah seperti Filipina ketika matahari berada di utara, yakni antara Maret-September.

Postcomended   Gempa Jepang: Suaranya Terdengar hingga Batas Angkasa

Potensi terjadinya siklon tropis juga disebabkan fenomena tahunan La Nina dan El Nino. Herizal menambahkan, saat suhu di permukaan laut Pasifik mendingin, yang merupakan indikator La Nina, suhu di wilayah perairan Indonesia bertambah panas. Kondisi ini membuat siklon tropis lebih cepat terbentuk.

Terkait nama siklon yang mengambil nama-nama bunga, alasannya ringan tapi sensitif, yakni seperti dikatakan Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati kepada Tempo, Jumat (1/12/2017), agar tidak menimbulkan kepanikan di masyarakat.

Nama-nama itu disesuaikan dengan abjad Indonesia mulai dari A sampai Z, namun harus disetujui dulu oleh World Meteorological Organization (WMO). Jika menilik siklon yang telah terjadi di Indonesia, baru abjad A-D yang terpakai yakni mulai siklon Anggrek, Bakung, Cempaka, dan Dahlia. Semoga tak perlu ada siklon bunga-bunga lainnya yang terbentuk.(***/kompas/tempo)

Share the knowledge