(sumber: screenshot Instagram)

Foto Jokowi dan Prabowo berpelukan yang diposting UYM dan RK (sumber: screenshot Instagram)

Setidaknya dua tokoh Indonesia, Ustaz Yusuf Mansur (UYM) dan Ridwan Kamil (RK), hari ini (Rabu, 29/8/2018), memosting momen-momen saat Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto berpelukan Bersama dengan Hanifan Yudani Kusuma, atlet pencaksilat Indonesia yang meraih emas di Asian Games 2018. Baik UYM maupun RK yang sama-sama memiliki pengikut dari kubu bertentangan dalam Pilpres 2018, menyatakan rasa harunya menyaksikan momen tersebut.
UYM dan RK memposting foto saat Hanifan memeluk para kandidat capres 2019 tersebut dengan bendera Merah Putih menyelimuti bagian belakang tubuhnya. Momen ini terjadi seusai Hanifan menyabet emas setelah mengalahkan atlet pencaksilat asal Vietnam, Thai Linh Nguyen.

Di saat merayakan kemenangannya sambil menyelimutkan bendera Merah Putih, Hanifan dipanggil naik ke kursi penonton VVIP di mana duduk Jokowi dan Prabowo. Satu per satu yang duduk di kursi VVIP termasuk Jusuf Kalla dan Megawati dipeluknya.

Hingga kemudian dia sampai di kursi tempat Jokowi dan Prabowo duduk berdampingan. Hanifan pun tanpa ragu memeluk keduanya. Prabowo berada di sana terkait posisinya sebagai Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI). Tak ayal penonton yang memenuhi Padepokan Pencak Silat TMII, Jakarta, pada Rabu (29/8/2018)bertepuk tangan riuh menyaksikan momen tersebut.

“Beginilah Indonesia…. Ga ada yang ga mugkin. Kontestasi bukan permusuhan. Bismillah. Mksh Yudani. Mksh Pencak Silat. Mksh olahraga. Mksh Asian Games. Mksh seluruh panitia yang terlibat. Mksh televise dan socmed yg memberitakan. Sungguh sejuk gambar ini. Allahu Akbar,” tulis UYM dalam postingan di akun Instagramnya @yusufmansurnew.

Postcomended   Putra Bungsu Jokowi Jualan Kaos Bermerek "Kolektor Kecebong"

UYM yang akun Instagram-nya diikuti 2,3 juta ini bahkan sampai memosting lima postingan terkait momen kemesraan Jokowi dan Prabowo ini. Di postingan pertamanya yang mendapatkan 73.887 “like” dan 1190 komentar, banyak yang menyambut dengan kalimat positif, namun yang nyinyir dan negatif tak kalah banyaknya.

Akun @sowamhabibi menulis: Merinding lihatnya…jadi bayangin betapa damainya kalau gak ada kubu2an..bersatu buat Indonesia..pasti bakal jauh lebih hebat lagi bangsa ini..” Komen ini mendapat 121 “like”. Akun lainnya, @ibnu_sal menulis: yg suka persekusi emak-emak pake bayar preman, tolong di lihat ini,” yang di-like 52 orang.

Namun ada juga yang berkometar negative. Akun @ariflau90 menulis: “Didepan sejuk dibelakang panas.” Sebanyak 41 orang menyukai komen ini. Bahkan ada juga yang menulis bahwa foto yang diposting UYM ini sebagai foto editan, namun kemudian digempur 124 komen yang mengecam komen ini.

Sementara itu Ridwan Kamil (RK) yang kini sedang menghabiskan sisa jabatannya sebagai Walikota Bandung untuk menjadi Gubernur Jabar, memosting foto yang sama dengan membubuhi teks: “Aah Indahnya para pemimpin Indonesia ID jika terus begini. Adeeem. Semoga ditiru di akar rumput.”

Postingan RK ini yang akun Instagramnya @ridwankamil diikuti 8,6 juta, disukai 292.065 dan dikomentari 4984. Hampir sama dengan komentar di akun UYM, di akun Ridwan Kamil pun ada yang menulis foto tersebut editan, yang juga dikecam akun lain.

Postcomended   Maskapai Penerbangan Terbaik Dunia 2018 Versi Skytrax: Garuda Ada di...

Komentar yang paling banyak mendapatkan “like”, 11204, ditulis @duniamanji. Dia menulis: “Merekanya baik-baik saja, masyarakat yang perang. Semoga Pilpres kali ini damaaaai.” Banyak pengikut Ridwan Kamil yang menulis komen senada. Akun lainnya menyatakan bahwa mereka terharu.

Prabowo sendiri di akun Instagram-nya yang diikuti 1,4 juta, memosting momen yang sama disertai teks: “Kita boleh berbeda pendapat diantara kita, tapi satu, kalua menyangkut kepentingan nasional kita harus bersatu.” Postingan ini disukai 120.522 akun, dan dikomentari 7006.

Sementara itu akun Instagram @Jokowi yang diikuti 11,4 juta, lebih cepat satu jam memosting momen ini, seraya menulis teks yang cukup Panjang. Antara lain dia menulis:
“Di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah, sore tadi. Begitu dinyatakan sebagai peraih medali emas kelas C setelah menundukkan Nguyen Thai Linh asal Vietnam, pesilat putra Hanifan Yudani Kusumah merayakan kemenangannya dengan berlari keliling arena lalu naik ke tribun penonton tempat saya duduk bersama Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia, Bapak Prabowo Subianto. Kami bertiga — Hanifan, saya dan Pak Prabowo — pun berpelukan dalam selubung merah putih.”

Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah, sore tadi. Begitu dinyatakan sebagai peraih medali emas kelas C setelah menundukkan Nguyen Thai Linh asal Vietnam, pesilat putra Hanifan Yudani Kusumah merayakan kemenangannya dengan berlari keliling arena lalu naik ke tribun penonton tempat saya duduk bersama Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia, Bapak Prabowo Subianto. Kami bertiga — Hanifan, saya dan Pak Prabowo — pun berpelukan dalam selubung merah putih. Selamat untuk Hanifan, seluruh atlet pencak silat Indonesia, pelatih dan jajaran pengurus, yang mempersembahkan 14 medali emas untuk kontingen Indonesia di Asian Games 2018. Dengan perolehan medali 30 emas, 22 perak, dan 35 perunggu sampai hari ini, Indonesia berada di posisi keempat — sebuah pencapaian baru yang menjadi sejarah bagi dunia olahraga negeri ini.

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

Share the knowledge