Volvo peringatkan Trump, penerapan tarif akan memotong 4000 pekerjaan (NY Daily News)

Perang dagang yang dikibarkan Presiden AS, Donald Trump, terutama terhadap Cina, mulai menimbulkan dampak. Penerapan tarif pada impor baja, aluminium, dan beberapa produk Cina lainnya, mulai mendorong naik harga bagi banyak perusahaan AS yang bergantung pada barang-barang tersebut. Kini mereka pusing tujuh keliling memutuskan di mana harus memotong biaya.

Banyak perusahaan besar AS yang mulai memutuskan meneruskan biaya tersebut kepada konsumen, atau menyerap kerugian ke dalam margin keuntungan mereka. Tetapi beberapa usaha lebih kecil telah dipaksa mengambil opsi PHK demi suku cadang yang diperoleh dengan harga lebih tinggi. Itu pun masih dengan aba-aba bahwa yang terburuk belum dating.

Beberapa perusahaan yang telah mem-PHK karyawannya, seperti dirangkum Business Insider,  antara lain: produsen kuku artifisial terbesar AS, Mid-Continental Nail, yang mem-PHK 130 pekerja setelah harga baja melonjak. Salah satu manajer pabriknya mengatakan seluruh bisnis dapat ditutup dalam beberapa bulan ke depan.

Postcomended   Tengok Akun Twitter Donald Trump, lalu Bayangkan 61% Followernya Ternyata Palsu

Element Electronics, produsen TV, berencana mem-PHK 127 pekerja dari pabrik Carolina Selatan sebagai akibat dari tarif baru yang baru-baru ini diberlakukan dan secara tak terduga dikenakan pada banyak barang yang diimpor dari Cina.

Brinly-Hardy, produsen peralatan perawatan kebun yang berbasis di Indiana, mem-PHK 75 pekerjanya. “Kami mengalami kerusakan jaminan dalam upaya ini,” Jane Hardy, CEO perusahaan, mengatakan kepada The Washington Post.

The Tampa Bay Times mengatakan April lalu bahwa mereka dipaksa memberhentikan 50 orang karena penerapan tarif pada kertas koran asal Kanada. Koran-koran lain di komunitas kecil, seperti surat kabar House Speaker Paul Ryan di Janesville, Wisconsin, juga telah dipaksa untuk memberhentikan staf.

Moog Music, yang memproduksi alat-alat musik elektronik, belum mengambil tindakan tetapi telah memperingatkan bahwa tarif akhirnya dapat menyebabkan PHK. Bisnis-bisnis kecil lainnya mulai tercekik atau mengalami rencana ekspansi yang tertunda sambil mengamati bagaimana persaingan perdagangan terjadi. Operator kecil dalam industri dari penangkapan ikan lobster hingga perusahaan pembentuk logam mulai membatasi jam kerjanya.

Postcomended   Indonesia Ingin Manfaatkan Ekosistem Alibaba untuk Ekspansi Ekspor

Menurut sebuah studi oleh Kemitraan Perdagangan, sebuah kelompok industri perdagangan bebas, tarif baja dan aluminium Trump akan menghasilkan kerugian bersih lebih dari 400.000 pekerjaan di AS. Meskipun ada pula perkiraan lain kehilangan pekerjaan yang sedikit lebih kecil.

Bahkan efek lebih pada pekerjaan bisa datang jika Trump memaksakan tarif pada mobil impor dan suku cadang mobil. Volvo telah memperingatkan pemerintah bahwa mereka dapat memangkas 4.000 rencana pekerjaan di Carolina Selatan jika tarif itu berlaku.

Produsen asing lainnya dengan pabrik di South Carolina, seperti BMW, mengatakan mereka juga bisa dipaksa untuk melakukan PHK. Sebuah studi oleh Peterson Institute for International Economics menemukan bahwa tarif 25% otomatis akan menyebabkan hilangnya 195.000 pekerjaan AS selama periode tiga tahun.***

Postcomended   Membedah Arti Panel Lipid Anda: Mepereteli Makna Angka-angka Kolesterol (1)

 

Share the knowledge