Khutbah Jum'at: Ramadhan Fadilah dan Pahala yang Berlipat Ganda ... ISLAM KAFAH Khutbah Jum'at: Ramadhan Fadilah dan Pahala yang Berlipat Ganda

Khutbah Jum’at: Ramadhan Fadilah dan Pahala yang Berlipat Ganda … ISLAM KAFAH Khutbah Jum’at: Ramadhan Fadilah dan Pahala yang Berlipat Ganda

Bulan Ramadhan atau disebut juga dengan bulan suci ini adalah bulan yang selalu ditunggu-tunggu. Hanya datang sekali dalam setahun. Ketika bulan spesial ini datang, maka kita harus mengerjakan amalan-amalan bulan Ramadhan. Hal-hal yang berupa kegiatan-kegiatan berpahala yang akan membuat kualitas ibadah kita menjadi lebih baik. 

Ibadah tidak harus dilakukan saat bulan Ramadhan. Setiap hari kita harus beribadah, mulai dari sholat lima waktu, mengaji, bersedekah, dan lain-lain. Namun yang membedakan pengerjaan indah di bulan Ramadhan dengan bulan-bulan biasa adalah pahala yang didapatkan. Beribadah di bulan Ramadhan pahalanya lebih besar daripada pahala yang didapatkan di bulan biasanya karena kita melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan sambil melaksanakan kewajiban puasa. Menahan diri dari makan, minum seharian penuh, serta menahan hawa nafsu. 

Ibadah sambil berpuasa memang cukup berat, karena sekali kita melanggar larangan makan minum dan menahan hawa nafsu, maka ibadah kita tidak akan ada gunanya. Maka dari itulah, bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat bermakna. Banyak pahala DNA banyak berkah di bulan ini. 

Berikut adalah 8 amalan bulan Ramadhan yang harus kita lakukan. : 

1.      Berpuasa

Yakni dengan menahan untuk makan, minum, dan menahan hawa nafsu sejak terbitnya matahari sampai tenggelamnya matahari. Puasa seharian penuh namun harus tetap melakukan aktivitas seperti biasa. 

2.      Sholat sunah Tarawih

Ini adalah salah satu jenis sholat yang hanya akan dilaksanakan saat bulan Ramadhan saja. Waktu pelaksanaannya adalah setelah sholat isya’. Sholat tarawih ini akan ditutup dengan sholat witir. 

3.      Tadarusan Al Qur’an 

Membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an di malam Ramadhan. Dilakukan secara bersama-sama di masjid dan dilakukan setelah sholat tarawih. Amalan inilah yang menyemarakkan suasana Ramadhan. 

4.      Sedekah

Ibadah ini adalah ibadah yang harus digencarkan sebagai amalan bulan Ramadhan. Sedekah di bulan Ramadhan sangat besar keutamaannya. Memberikan makanan kepada gelandangan, fakir miskin, dan orang-orang yang membutuhkan adalah seberapa contoh sedekah. 

5.      Iktikaf atau duduk berdiam diri di masjid

Ini adalah wujud renungan diri dengan memperbanyak dzikir di masjid. Iktikaf biasa dilakukan setelah sholat tarawih, usai tadarus, sampai dengan waktu sahur tiba.

6.      Iktikaf di 10 hari menjelang akhir Ramadhan

Di malam-malam ganjil akan lebih baik bagi kita untuk melaksanakan iktikaf di masjid. Tujuannya adalah untuk mendapatkan keagungan dari malam Lailatul Qadar.

7.      Dzikir

Memperbanyak doa, berdzikir, dan mengerjakan sholat Sunnah di bulan Ramadhan juga menjadi amalan-amalan yang sholeh. Pahalanya akan berlipat-lipat. 

8.      Melaksanakan umrah di bulan Ramadhan

Ini menjadi salah satu amalan mahal, karena hanya orang yang mau dan mampu yang bisa melaksanakannya. Melaksanakan umrah di bulan Ramadhan setara pahalanya dengan naik haji. 

Kedelapan amalan tersebut adalah amalan bulan Ramadhan yang utama. Memperbanyak ibadah di bulan Ramadhan akan menjadikan kita manusia yang lebih baik lagi. Bukan hanya saat bulan Ramadhan saja melainkan di bulan-bulan selanjutnya, karena dengan membiasakan memenuhi kewajiban ibadah selama 30 hari di bulan puasa, maka akan menjadikan kita terbiasa.