Kocak' Siti Masitha Soeparno Walikota Tegal Kena Ott Ditangkap KPK ... YouTube480 × 360Search by image 'Kocak' Siti Masitha Soeparno Walikota Tegal Kena Ott Ditangkap KPK, Staffnya Malah Sujud Sukur

Kocak’ Siti Masitha Soeparno Walikota Tegal Kena Ott Ditangkap KPK … YouTube480 × 360Search by image ‘Kocak’ Siti Masitha Soeparno Walikota Tegal Kena Ott Ditangkap KPK, Staffnya Malah Sujud Sukur

Pendidikan tinggi dari luar negeri, wajah cantik yang membuatnya bisa mengikuti ajang-ajang kecantikan saat masih muda, karir cemerlang, dan orang tua yang (pernah) menduduki jabatan penting di satu BUMN, seolah-olah tak membuat Siti Mashitha puas. Peluang menduduki posisi di kepemerintahan pun dia ambil, entah untuk meraih apa lagi. Selasa, 29 Agustus 2017, Wali Kota Tegal, Jawa Tengah, ini, pun ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Bunda Sitha, begitu dia merasa nyaman disapa, ditangkap dalam operasi tangkap tangan (OTT) di rumah dinasnya, bersama seorang pejabat satu rumah sakit (RS) di Kota Tegal, yang diduga tengah menyuap sang wali kota.

Postcomended   Seruan Boikot: Starbucks Tegaskan Lagi Dukungan Kepada LGBT

Penangkapan diduga antara lain terkait kasus suap pengadaan infrastruktur kesehatan di RS Umum Daerah (RSUD) Kardinah, Tegal. KPK untuk sementara menyita barang bukti Rp 300 juta.

Dalam konferensi pers yang digelar KPK pada Rabu (30/8/2017), terungkap bahwa total nilai suap terhadap Masitha mencapai Rp 5,1 miliar. Terkait penangkapannya, di tempat terpisah  KPK juga menangkap delapan orang lainnya.

Siapa Masitha? Situs resmi Pemkot Tegal menyebutkan, perempuan kelahiran Jakarta, 10 Januari 1964 ini, bernama lengkap Siti Mashita Soeparno. Soeparno diambil dari nama sang ayah Mohammad Soeparno (alm), yang adalah Dirut Garuda pada 1988-1992.

Pendidikan ditempuh Masitha di School of Hotel Administration, Cornell University, Ithaca, New York, pada 1986. Sebelumnya, 1983-1984, Masitha sekolah di Steigenberger Hotelfachschule Bad Reichenhall, Muenchen, Deutschland (Jerman).

Alamat tempat tinggalnya tercatat di Palm Residence No.5 RT 03, RW 06, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Postcomended   Indonesia Belajar Minum Kopi Tanpa Ampas (3)

Bermodalkan wajah cantik, wanita 53 tahun ini sering mengikuti kontes-kontes kecantikan di masa mudanya. Masitha misalnya pernah menjadi juara kepribadian di majalah Femina. Dia juga meraih juara kedua ajang Putri Ayu pada 1988 yang diselenggarakan Yayasan Martha Tilaar.

Masitha diketahui pernah berkarir di sejumlah perusahaan, antara lain sebagai Business Development Director PT Attaqwa Garuda Insani Tours dan Travel, Business Development Director PT Royalindo Convention International, Public Relation Director PT Infrastructure Asia, dan President Director PT Reksa Solidus.

Tahun 2013, bersama M Nur Sholeh, Masitha mengikuti pemilihan Wali Kota Tegal. Pasangan ini menang dengan mengalahkan petahana.

Saat mendaftar sebagai calon Wali Kota Tegal, Masitha melaporkan harta kekayaannya ke KPK pada tahun itu. Tertulis dalam data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) KPK 2013, total kekayaan Masitha baik harta bergerak maupun tidak mencapai Rp 1.451.966.000.

Postcomended   Sekali Dayung, Jack "Alibaba" Ma Dapat Tokopedia dan Digaet Pemerintah Indonesia

Harta tersebut antara lain berupa tanah dan bangunan di Jakarta Selatan, kendaraan (Honda Freed, Toyota Avanza, dan Honda Brio), logam mulia, dan uang dalam bentuk giro. Dia ditulis tak memiliki utang.***