Masyarakat Karawang Serahkan Kelinci Jawa ke LIPI | Republika ... Republika610 × 409Search by image Masyarakat Karawang Serahkan Kelinci Jawa ke LIPI | Republika Online Mobile

Masyarakat Karawang Serahkan Kelinci Jawa ke LIPI | Republika … Republika610 × 409Search by image Masyarakat Karawang Serahkan Kelinci Jawa ke LIPI | Republika Online Mobile

Seekor kelinci endemik Jawa yang sudah langka diserahkan perwakilan masyarakat Karawang kepada Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI) Pusat Penelitian Biologi. Masyarakat Karawang ini tergabung dalam Forum Komunikasi Daerah Aliran Sungai Citarum, atau disingkat ForkadasC+. Di Indonesia ternyata ada dua jenis kelinci endemik yakni Kelinci Jawa dan Sumatra.

Hendro Wibowo, perwakilan dari ForkadasC+, mengatakan, tujuan mereka menyerahkan Kelinci Jawa ini untuk kepentingan pengembangan ilmu pengetahuan dan konservasi hewan endemik.

Postcomended   13, 14, 15 Agustus dalam Sejarah: Tembok Berlin Dibangun

Kelinci Jawa tersebut ditemukan di daerah Ciampel, Karawang, yang merupakan perbatasan antara daerah industri dengan kawasan hutan.

Dilansir Republika online, staf peneliti Laboratorium Mamalia, Bidang Zoologi Puslit Biologi-LIPI, Yuli Fitriana, Kamis (13/7/17), mengatakan, saat ini kondisi kelinci yang diserahkan itu masih lumayan stres, sehingga perlu penanganan khusus.

“Secara morfologis, kelinci yang diserahkan itu merupakan Kelinci Jawa,” kata Yuli menanggapi temuan kelinci Jawa di Karawang itu. Yuli menjelaskan, kelinci yang diserahkan tersebut memiliki bulu hitam pada tengkuk, bulu bergaris putih pada bagian dahi dan kuping, serta bagian kaki yang panjang seperti kancil.

Postcomended   Para Guru Besar dan Tokoh Lintas Agama Nyatakan Dukung KPK

Kelinci Jawa terakhir yang dikoleksi pihaknya, kata Yuli, adalah temuan tahun 1940 di wilayah Bogor. Kelinci bernama latin Lepus nigricollis ini telah masuk daftar merah spesies terancam punah oleh lembaga internasional untuk konservasi alam dan sumber daya (IUCN/International Union for Conservation of Nature and Natural Resources).

Share the knowledge