Lifestyle

Warganet Marah-marah Tampilan Instagram-nya Berubah, Instagram: Ada “Bug”

Share the knowledge

 

https://www.deccanchronicle.com/technology/in-other-news/281218/instagram-back-to-normal-after-bug-triggers-temporary-change-to-feed.html

https://www.deccanchronicle.com/technology/in-other-news/281218/instagram-back-to-normal-after-bug-triggers-temporary-change-to-feed.html

“Instagram kok jadi begini sih, gak enakeun,” tulis Ari (28) di “Stories”-nya, ketika mendapati tampilan Instagram-nya berubah dari biasanya. Pengguna Instagram (IG) asal Bandung ini rupanya termasuk satu dari sejumlah besar pengguna IG di seluruh dunia yang sejak kemarin (27/12/2018) mengalami “kecemasan” atas perubahan tampilan Instagram-nya. Apa yang terjadi?

Instagram memicu kemarahan di media sosial setelah feed berpola “sideways” menguasai tampilan pada sejumlah akun penggunanya di seluruh dunia. Tampilan “baru” ini disebut berpola postingan seperti di aplikasi “Stories”? Atas perubahan ini, netizen di mancanegara mencurahkan kekesalannya di Twitter dengan berbagai kalimat sinis, yang intinya tidak mau tampilannya berubah.

Pemilik akun Twitter bernama Josh menulis: “rather drink a pint of bleach than “swipe” through Instagram after this update.” (Lebih baik minum satu pint pemutih daripada “menggesek” melalui Instagram setelah pembaruan ini.”

Morgan Willet, yang mengaku generasi millennial berkomentar, “Dear @instagram, if i wanted to swipe right, i’d get on Bumble. Sincerely, an angry millenial. But seriously… don’t update your app.” (@instagram sayang, jika saya ingin menggesek dengan benar, saya akan mendapatkan kegagapan. Hormat kami, milenial yang marah. Tapi serius, jangan memperbarui aplikasi Anda.”

Warganet lainnya, Nicholas, menulis bahwa Instagram pasti sangat tolol ketika mereka merilis pembaruan ini. “Saya tidak ingin menggesek melalui instapost, SORRY.” Sedangkan Lary Felan berharap dapat membatalkan pembaharuannya. “Bagaimana saya membatalkan pembaruan ini?” ujarnya.

Postcomended   AS Tekan Lagi Sekutu-sekutunya Larang Huawei, Uni Eropa Galau

Warganet lain membandingkannya perubahan ini dengan desain ulang Snapchat yang tidak populer. “Pembaruan Instagram sangat buruk sehingga lebih buruk daripada pembaruan Snapchat,” @samfloresxo bercuit.

Tidak Disengaja

Menurut pengakuan pihak Facebook, pemilik jejaring sosial berbagi foto ini, seperti dilansir Reuters, perubahan tersebut bukan sesuatu yang disengaja, melainkan karena “bug”.

Postcomended   Pentagon Beri Cap "Jangan Beli" Pada Software Asal Rusia dan Cina

Instagram memang meluncurkan pembaruan otomatis bagi beberapa pengguna yang menunjukkan feed berpola horisontal. Namun menurut pengelolanya, ini merupakan percobaan yang bocor. Dengan tampilan baru tersebut, pengguna harus menggesek tulisan atau mengetuk, seperti pada “Stories”.

Kepala Instagram, Adam Mosseri, meminta maaf atas kebingungan ini dan mengatakan bahwa ini seharusnya menjadi tes dalam lingkup sangat kecil yang meluas secara tidak sengaja. “Kami dengan cepat memperbaiki masalah ini dan umpannya kembali normal,” kata Mosseri dalam pernyataan melalui email.

Sejak Kamis (27/12/2018) pihak Instagram mengaku telah memperbaiki bug yang menyebabkan perubahan pada tampilan umpannya (feed) pada sejumlah besar pengguna. Bug itu menyebabkan tes kecil didistribusikan secara luas, kata perusahaan.

Sebagai bagian dari pengujian, beberapa pengguna harus mengetuk dan menggesek feed mereka secara horisontal untuk melihat postingan baru; ini mirip dengan fitur Stories. Meskipun dikatakan telah diperbaiki, namun sejumlah pengguna Instagram Jumat (28/12/2018) malam masih mengeluhkan perubahan tersebut.***


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top