Internasional

Waspadalah Memilih Kata Sandi dengan Cara Seperti Ini

Ketika terpaksa harus mengubah kata sandi, banyak orang, mungkin termasuk Anda, hanya membolak-balik atau memodifikasi sedikit dari kata sandi lama. Padahal menurut studi baru yang meneliti 61 juta kata sandi, ini jauh lebih rentan terhadap peretasan. Dan tahukah, Superman dan Liverpool adalah kata sandi paling mudah ditebak.

Sebuah penelitian telah mengungkap kesalahan paling umum yang dilakukan oleh banyak orang ketika mencoba melindungi profil mereka di internet. Gang Wang, seorang peneliti ilmu komputer di Virginia Tech, mengumpulkan lebih dari 61 juta kata sandi –yang dianonimkan– sebagai bagian dari penelitian.

Kata-kata sandi tersebut kemudian dianalisis oleh layanan pengelola kata sandi, Dashlane. Semua kata sandi yang dimasukkan dalam penelitian tersebut, telah bocor selama bertahun-tahun karena pelanggaran data.

Menurut penelitian ini, ada lebih dari 16 juta pasangan kata sandi –yang berarti kata sandi yang telah digunakan kembali atau sedikit diubah– yang dapat dengan mudah dipecahkan hanya dalam 10 percobaan.

Berikut ini adalah kesalahan paling umum yang dilakukan orang saat memutuskan kata sandi sehari-hari:

1. Menggunakan kata sandi yang sama untuk banyak akun
Studi ini menyatakan bahwa lebih dari separuh pengguna menggunakan atau memodifikasi kata sandi yang sama untuk beberapa akun daring. Ini mungkin tampak dapat dimengerti ketika Anda mempertimbangkan volume kata sandi yang sangat besar yang diharapkan akan diingat setiap hari. Tindakan ini dapat membuat Anda berisiko jika salah satu akun diretas orang.

2. Memutuskan kata sandi berdasarkan tombol yang berdekatan
Cara mudah untuk mengingat kata sandi adalah dengan memilihnya berdasarkan tombol pada keyboard yang bersebelahan. Namun, ini juga memudahkan untuk dipecahkan orang.
Kata sandi yang menampilkan tombol yang berdekatan termasuk contoh seperti “12345”, “qwert” dan “! @ $ $%”.

Contoh paling umum dari “kata sandi berjalan” sebagaimana digariskan oleh Dashlane adalah: “1q2w3e4r”, “1qaz2wsx”, “1qazxsw2”, “zaq12wsx”, “! Qaz2wsx” dan “1qaz @ wsx”.
Jika ini terjadi pada kata sandi Anda, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mengubahnya menjadi sesuatu yang kurang jelas.

3. Kata sandi yang diisi secara emosional
Kata sandi yang menyampaikan perasaan atau gairah, sebaiknya dihindari. Bahasa yang mengacu pada emosi cinta atau benci adalah tema yang sangat umum dari kata sandi yang dianalisis. Frasa “iloveyou” adalah pilihan paling populer.

Kata makian juga paling banyak dipakai orang untuk kata sandi. Maka jika Anda cenderung “mengutuk” dalam kata sandi Anda, ada baiknya mencari pelampiasan lain untuk frustrasi Anda itu daripada dijadikan kata sandi.

4. Merek terkenal
Sejumlah merek terkenal ditemukan memiliki fitur besar dalam kata sandi yang bocor. Banyak orang memilih untuk memasukkan perusahaan terkenal seperti Myspace, Coca-Cola dan Playboy dalam kombinasi kata sandi mereka.

Skittles dan Ferrari juga berhasil masuk ke daftar merek yang paling umum digunakan dalam kata sandi yang mudah ditebak.

5. Referensi budaya pop favorit
Apa lagi cara yang lebih baik untuk memberi penghormatan kepada band atau film favorit Anda selain dengan menyemenkan sebagai kata sandi tepercaya Anda? Tapi ini adalah keputusan yang salah besar, terutama jika mengambil kata dari film blockbuster terkenal atau suatu ikon budaya pop.

Superhero-nya Detective Comics (DC) seperti “Superman” adalah ikon budaya pop paling populer untuk membuatnya masuk ke daftar kata sandi yang mudah dipecahkan, dengan Pokémon berada di urutan kedua, Star Wars keempat, Nirvana keenam, dan Spider-Man di urutan kedelapan.

6. Penggemar sepakbola
Jika Anda adalah penggemar sepak bola yang setia, maka kemungkinan besar Anda telah membuatnya sangat jelas di semua saluran media sosial Anda.

Dengan sepakbola yang ada dalam pikiran Anda, bukan gagasan bijaksana untuk memasukkan nama tim sepak bola kesayangan Anda sebagai kata sandi. Liverpool, Chelsea, Arsenal, Barcelona dan Manchester adalah tim sepak bola Liga Champions yang paling menonjol ditemukan dalam kata kunci oleh penelitian.(***/theindependent)

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top