Awas, Waspadalah Beredar Telor Ayam Palsu!!! - YouTube YouTube480 × 360Search by image Awas, Waspadalah Beredar Telor Ayam Palsu!!!

Awas, Waspadalah Beredar Telor Ayam Palsu!!! – YouTube YouTube480 × 360Search by image Awas, Waspadalah Beredar Telor Ayam Palsu!!!

Jika Anda konsumen telur ayam kampung, sebaiknya lebih kritis dan teliti lagi saat membeli. Pihak Himpunan Peternak Unggas Lokal Indonesia (Himpuli), memperingatkan, 90 persen telur ayam kampung yang beredar di pasaran ternyata tidak asli ayam kampung. Bahkan seorang peternak menjual telur ayam kampung aspal tersebut ke tukang jamu. Dan rupanya ini bukan masalah baru.

Ade M Zulkarnain, Ketua Umum Himpuli mengatakan, banyak peternak yang memproduksi telur ayam brakel atau telur ayam arab dan menjualnya sebagai telur ayam kampung.

“Sembilan puluh persen telur yang diproduksi dan menggunakan label ayam kampung justru bukan ayam kampung. Jadi ada kebohongan publik,” ujar Ade kepada Kontan, Minggu (27/8/2017).

Postcomended   800 Perawat Indonesia Jadi Petugas "Cleaning Service" di Jepang (2)

Ade sudah mengeluhkan hal ini sejak lama. Dilansir Liputan6, pada  25 Juni 2013, waktu itu malah ada upaya pemalsuan ayam kampung yang ternyata ayam impor dari Cina, yakni ayam ling nan.

Telur ayam kampung palsu ini pun banyak beredar di supermarket. Yang cukup sering terjadi adalah telur ayam arab dijual dengan menyebut telur ayam kampung.

Bentuk dan ukuran telur ayam Arab memang hampir sama dengan ayam kampung, sama-sama berwarna putih. Perbedaan terletak pada warna kuning telurnya.

Pemalsuan banyak terjadi karena tingginya permintaan akan ayam telur kampung asli Indonesia, namun pasokan sedikit. Sementara ayam arab lebih produktif menghasilkan telur.

Harga telur ayam kampung pun lebih tinggi dibandingkan telur ayam lainnya. Sebagai perbandingan, jika telur ayam broiler Rp 19 ribu per kg, maka telur ayam kampung Rp 35 ribu per kilogram (kg).

Postcomended   Berdiri Sejak 1919, Nyonya Meneer Akhirnya Tumbang Juga

Di pasar swalayan atau toko-toko, telur ayam kampung pun dijual satuan atau sudah dipaket. Biasanya ada juga yang ditempeli stiker per butir

Selain ayam kampung diyakini dapat meningkatkan stamina, hal lain yang membuat harga telur ayam kampung lebih mahal karena produkai telurnya tidak masal. Artinya, ayam kampung tidak akan bertelur jika tidak kawin dengan ayam jantan. Sementara ayam broiler selalu bertelur meskipun tidak kawin.

Mengenai ayam arab, Ade menjelaskan, seperti dilansir Liputan6, bahwa sebenarnya ini adalah ayam petelur dari Belgia. Aslinya ayam ini dikenal dengan nama brakel kriel.

Disebut ayam arab karena bibit ayam ini pertama masuk ke Indonesia karena dibawa para tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Arab. Versi lain mengatakan telur ayam ini dibawa pulang jamaah haji, lalu ditetaskan di Indonesia.

Postcomended   Di Cina Kebiasaan Mengunyah Pinang Terbukti Memicu Kanker Mulut

Menurut Ade, sudah cukup lama ayam arab disebut sebagai “ayam lokal pendatang”, namun tetap bukan ayam lokal asli.

 

Seorang peternak ayam rumah tangga di Sawangan Depok, Dedi (35 tahun) mengatakan, ayam arab bisa bertelur satu butir per hari. Dia pun mengaku menjual telur ayam arabnya antara lain ke tukang jamu.

Wikipedia menyebutkan, masyarakat memanfaatkan ayam arab karena produksi telurnya tinggi, mencapai 250-260 butir per tahun dengan berat telur 40-45 gram. Volume kuning telur lebih besar, mencapai 53,2% dari total berat telur.***