Lifestyle

WHO Bakal Hapus Lemak Trans dari Seluruh Dunia

Bagaimana cara efektif menghilangkan lemak perut? - BBC News Indonesia BBC Hak atas foto Thinkstock ...

Bagaimana cara efektif menghilangkan lemak perut? – BBC News Indonesia BBC Hak atas foto Thinkstock …

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah merilis sebuah rencana besar untuk membantu negara-negara menghapus lemak trans dari pasokan pangan global dalam lima tahun ke depan. Dalam sebuah pernyataan Senin (14/5/2018), badan PBB ini mengatakan, menghilangkan lemak trans sangat penting untuk mencegah kematian di seluruh dunia.

WHO memperkirakan, mengonsumsi lemak trans –umumnya ditemukan dalam makanan yang dipanggang dan diproses– menyebabkan kematian lebih dari 500.000 orang akibat penyakit jantung setiap tahun.

“Ini adalah tingkat krisis, dan itu adalah bagian utama dalam perjuangan kami sekarang,” Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengatakan dalam konferensi pers di Jenewa, Senin.

Para pejabat menganggap bahwa rencana ini bisa dilakukan dalam lima tahun karena di banyak negara program ini berjalan dengan baik. Denmark melakukannya sejak 15 tahun lalu, dan sejak saat itu Amerika Serikat (AS) dan lebih dari 40 negara berpenghasilan tinggi lainnya, telah berupaya mengeluarkan aditif (bahan tambahan) penyumbat jantung dari persediaan pangan mereka.

Dr. Francesco Branca, direktur Departemen Gizi WHO untuk Kesehatan dan Pembangunan mengatakan, sekarang saatnya WHO mendorong negara-negara berpenghasilan menengah dan rendah untuk melanjutkan perjuangan tersebut.

Lemak trans buatan adalah zat tidak sehat yang diciptakan dalam proses ketika hidrogen ditambahkan ke minyak sayur untuk membuatnya padat. Proses ini dilakukan seperti dalam pembuatan margarin atau mentega.

Postcomended   Sekali Dayung, Jack "Alibaba" Ma Dapat Tokopedia dan Digaet Pemerintah Indonesia

Pakar kesehatan mengatakan, lemak trans dapat diganti oleh minyak canola atau produk lainnya. Ada juga lemak trans alami dalam beberapa daging dan produk susu. WHO merekomendasikan, sebaiknya asupan kalori seseorang yang berasal dari lemak trans tidak lebih dari 1 persen.

“Lemak trans adalah senyawa berbahaya yang dapat dihilangkan dengan mudah tanpa biaya besar dan tanpa berdampak pada kualitas makanan,” kata Branca.

Para ahli berpendapat, untuk menyukseskan rencana ini, negara-negara mungkin akan harus menggunakan peraturan atau undang-undang agar para pembuat makanan beralih ke yang lebih sehat.

Pada konferensi pers WHO tersebut, perwakilan dari kelompok perdagangan industri makanan terkemuka mengatakan, perusahaan-perusahaan telah bekerja untuk mengurangi lemak trans dalam produk mereka.

“Kami menyerukan produsen makanan di sektor kami untuk mengambil tindakan cepat, dan kami siap mendukung langkah-langkah efektif untuk bekerja menuju penghapusan lemak trans pada produksi industri dan memastikan ini berjalan di tingkat lapangan,” kata Rocco Rinaldi, sekretaris jenderal Aliansi Makanan dan Minuman Internasional.

Postcomended   Kostum Iron Man Seharga Miliaran Rupiah, Dicuri!

Dr Tom Frieden, mantan direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS yang bekerja dengan pejabat WHO, mengatakan, dunia sekarang sedang mengarahkan perhatian pada pembunuh terkemuka saat ini –terutama penyakit jantung, yang membunuh lebih banyak orang daripada penyebab lainnya di hampir setiap negara.

Kota New York, AS, pada 2006 telah melarang restoran menyajikan makanan dengan lemak trans. Pada tahun yang sama Badan Makanan dan Obat AS (FDA) mewajibkan produsen untuk mencantumkan informasi kandungan lemak trans pada label makanan.

Banyak produsen menurut dengan menguranginya. Penelitian lalu menunjukkan kadar lemak trans dalam darah orang dewasa paruh baya AS turun hampir 60 persen pada akhir dekade ini.

Pada 2015, FDA mengambil langkah untuk menuntaskan pekerjaan menghilangkan lemak trans tersebut, dengan meminta produsen berhenti menjual makanan berlemak trans hingga batas akhir pada 18 Juni 2018.

Postcomended   “Nine West” Mengaku Bangkrut

Pejabat FDA belum mengatakan berapa banyak kemajuan yang telah dibuat atau bagaimana mereka akan menegakkan aturan mereka terhadap pembuat makanan yang tidak mematuhi.

“Penghapusan lemak trans dari pasokan makanan sebagai aditif, dianggap sebagai salah satu kemenangan kesehatan masyarakat utama dalam dekade terakhir,” kata Laura MacCleery, direktur kebijakan untuk kelompok advokasi dari Pusat Sains untuk Kepentingan Publik yang berbasis di Washington.(***/associatedpress)

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top