Every five to seven years the arid Atacama desert becomes a coloured flower carpet.  Due to the vast amount of rain that came down over the hostile northern land during the last months, this has led to the most spectacular blossoming of the past 18 years

Gurun Atacama berubah menjadi karpet bunga (2015). Tahun ini fenomena sama terjadi lagi (http://www.dailymail.co.uk/travel/travel_news/article-3294865/Blooming-marvellous-rain-falls-world-s-driest-desert-jaw-dropping-phenomenon-takes-place-year-s-display-spectacular-18-years.html)

Tidak ada energi yang mubazir di dunia ini, bahkan di tempat terkering di dunia. Setelah hujan turun intensif dan tak terduga di Gurun Atacama, utara Cile, hamparan tanah kering kerontang sontak berubah menjadi karpet bunga berwarna-warni.

Fenomena yang oleh warga setempat disebut “Desierto florido” (gurun berbunga) ini biasanya terjadi setiap 5-7 tahun tatkala hujan yang langka menyebabkan benih yang terkubur mulai bertunas dan berbunga.

Fenomena di Agustus 2017 ini, terjadi setelah hal sama terjadi dua tahun lalu (2015). Lebih dari 200 jenis tanaman tumbuh di daerah gurun ini. 

Kejadian ini menarik kunjungan tak hanya warga lokal Cile melainkan juga para botanis yang berasal dari luar Cile.

Postcomended   Sebuah Rekaman Tunjukan Rumah Jagal Australia Rebus Ayam Hidup-hidup

Pejabat pariwisata Cile berharap akan lebih banyak bunga yang mekar dalam beberapa minggu mendatang dengan spesies kecambah berbeda pada waktu yang berbeda

Gurun Atacama adalah salah satu wilayah terkering di Bumi. Curah hujan umumnya hanya 0,6 inci (15 milimeter) per tahun. Di beberapa tempat lain seperti Arica, hanya menerima antara 0,04 dan 0,12 inci (1 dan 3 mm) hujan dalam setahun

Bahkan seperti dilansir National Geographic, di gurun ini ada bagian dimana satu tetes hujan pun belum pernah menyentuhnya. Namun entah bagaimana, lebih dari satu juta orang memeras kehidupan dari tanah kering ini, termasuk dari sektor pertanian (selain tambang).

Gurun ini membentang 1.000 kilometer dari perbatasan Peru Selatan ke utara Cile. Di salah satu bagiannya yakni dari bevel pampas hingga altiplano, merupakan kaki dari pegunungan Andes.

Gurun Atacama mungkin pembunuh kejam, tapi dia adalah konservator yang simpatik. Tanpa kelembaban, tidak ada yang membusuk. Segalanya berubah menjadi artefak, bahkan “anak kecil”. **(ra)

Postcomended   Australia Tolak Kedatangan Pentolan Anti-vaksin

Share the knowledge