Satu demi satu layanan terkait Yahoo, rontok. Setelah Yahoo gagal bangkit di tangan CEO terakhirnya, Marissa Mayer, Verizon –perusahaan yang pada 2016 membeli Yahoo– kini terpaksa juga menutup Yahoo Messenger (YM). YM pernah sangat akrab di kalangan generasi muda 1990-an akhir dan 2000-an awal. Verizon kini tampaknya lebih fokus menggarap “Squirrel”.

Kiamat bagi salah satu aplikasi pesan instan pertama di pasar telah tiba. Oath, anak perusahaan Verizon, yang membawahi layanan Yahoo termasuk Yahoo Messenger (YM), mengumumkan bahwa aplikasi legendaris ini akan mengakhiri operasinya pada 17 Juli 2018.

“Saat ini tidak ada produk pengganti yang tersedia untuk Yahoo Messenger,” tulis perusahaan itu. “Kami terus bereksperimen dengan layanan dan aplikasi baru, salah satunya adalah aplikasi messaging grup undangan yang disebut Yahoo Squirrel (saat ini dalam versi beta).”

Squirrel adalah aplikasi pesan grup Yahoo yang mulai melakukan pengujian bulan lalu. Warganet dapat meminta akses ke beta di sini dengan sistem undangan.

Yahoo belum memutus pengguna aktif YM –yakni siapapun yang memiliki akses ke Yahoo– untuk beberapa waktu ke depan. ID Yahoo Anda tetap utuh untuk layanan lain seperti Mail dan olahraga fantasi. Secara kumulatif, kata pihak perusahaan, ratusan juta orang telah menggunakan YM selama 20 tahun terakhir.

Tidak ada alasan spesifik perusahaan menutup YM. Untuk diketahui, Oath pada Oktober silam juga telah menutup AIM, aplikasi perpesanan garapan divisi bisnis Oath lainnya, AOL.

Bagaimanapun, hari ini semua orang ingin mendominasi industri perpesanan (messenger); suatu pasar yang melibatkan lebih dari 5 miliar pengguna aktif bulanan, di mana di dalamnya tekah ada WhatsApp, Messenger Facebook, Snapchat, WeChat, dll.

“Kami tahu kami memiliki banyak penggemar setia yang telah menggunakan YM sejak awal sebagai salah satu aplikasi obrolan pertama dari jenisnya,” catatnya. “Karena lanskap komunikasi terus berubah, kami berfokus untuk membangun dan memperkenalkan alat komunikasi baru yang menarik yang lebih sesuai dengan kebutuhan konsumen.”

Yahoo mengatakan bahwa Anda dapat mengunduh riwayat obrolan Anda di YM selama enam bulan ke depan di sini.

Pada 1998, YM awalnya bernama Yahoo Pager, saat layanan pesan instan adalah medannya personal computer (PC). YM kala itu menjadi alternatif untuk email dan SMS di perangkat seluler dasar.

Bloomberg melaporkan pada 2016 bahwa YM telah menjadi sistem komunikasi go-to bagi para pedagang komoditas di seluruh dunia selama 18 tahun. Satu laporan pada 2007 menemukan bahwa 75 persen pengguna YM adalah bot.

Saat ini, peran dan fungsi YM dengan cepat dilampaui oleh layanan berbasis seluler yang lebih cepat dan lebih fungsional seperti WhatsApp, aplikasi messaging yang ironisnya dibuat oleh mantan karyawan Yahoo.

Perusahaan hari ini juga mengumumkan bahwa Lowell McAdam akan mengundurkan diri sebagai CEO Verizon, untuk digantikan oleh Hans Vestberg, mantan CEO Ericsson yang hingga kini menjadi CTO (chief technology officer) Verizon.

Pekan lalu, Oath mengumumkan perubahan kepemimpinan terbaru, mempekerjakan Natalie Ravitz sebagai kepala komunikasinya yang baru.

Saat mengakuisisi Yahoo, Verizon membayar miliaran dolar AS tahun lalu untuk mengambil alih semua layanan Yahoo termasuk YM. Sempat muncul isu bahwa Verizon akan mengganti nama Yahoo menjadi Altaba, namun tampaknya tak jadi.(***/techcrunch/gizmodo)

Share the knowledge