SOLO – Solo selalu sukses bikin siapapun jatuh cinta. Entah pada destinasinya, suasananya, tempat-tempat eksotisnya, kuliner khasnya serta even-even kreatif yang digelar spektakuler. Nah, bagi Anda yang ingin berlibur bersama keluarga di Oktober nanti, tak ada salahnya menyimak Batik Art Fest, 2 Oktober 2017 di Kampus II FSRD ISI Ring Road, Mojosongo, Surakarta.

“Acaranya sangat seru. Waktunya juga sudah fix. Silakan ke Solo bila mau meng-eksplore,” kata Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo, Minggu (30/9).

Agenda ini merupakan inisiasi mahasiswa Program Studi Batik Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia (ISI). Ini sekaligus bukti kepedulian dan sinergitas anak muda demi mengembangkan pariwisata Indonesia. “Nanti juga akan ada kompetisi pelajar dan mahasiswa. Siapapun boleh bergabung,” tambahnya.

Postcomended   Incorporated on Geo-Tourism

Sementara itu, Dosen Prodi Batik ISI Surakarta, Herdiana Rahmawati, mengungkapkan, Batik Art Festival sudah menjadi event tahunan fakultas. “Ini event yang kedua, dan kami selalu mengundang pelajar dan mahasiswa se Jawa dan Bali,” ungkapnya.

Kompetisi Batik Art Festival akan dibagi menjadi beberapa kategori.Selain penampilan fashion show batik, ada juga workshop batik, bazaar dan bursa batik. Juga yang tak kalah menarik adalah kegiatan 12 jam membatik yang bertujuan memperkenalkan kepada wisatawan yang hadir agar mengenal Prodi Batik.

Kegiatan 12 jam membatik terbagi ke dalam dua shift masing-masing dilakukan oleh dua mahasiswa. “Agendanya full tanpa jeda. Saat pergantian shift baru akan kami adakan workshop sehingga acara tidak monoton,” katanya.

Herdiana mengatakan, setiap peserta terbaik akan diberi penghargaan dari Prodi Batik. “Ya nanti yang terbaik, khusus yang SMA dan SMK dapat masuk Prodi Batik ISI tanpa tes pada tahun ajaran 2018/2019,” ujarnya.

Postcomended   Vokalis LinkinPark "Memilih" Mati di Tanggal Lahir Sahabatnya

Surakarta sendiri pada 2017 menargetkan kunjungan 117 ribu wisatawan mancanegara. Dan strategi yang dipilih untuk mengejar ambisi tadi adalah menggelar puluhan even menarik yang digelar setiap minggu. DI 2017 ini, Solo menyiapkan 57 even yang terdiri dari 22 even budaya dan 35 even pariwisata.

Berbagai atraksi di Solo tadi langsung direspon Menpar Arief Yahya. Dia pun tak ragu mengangkat dua jempol untuk Solo. “Ini bagus sekali. Setiap minggu selalu ada even. Even-even yang dikolaborasikan dengan keramahtamahan masyarakat Solo pasti akan membuat nyaman wisatawan.Pesan saya hanya satu. Jangan lupa foto-foto, kemudian upload di media sosial. Salam Pesona Indonesia,” ucap Menpar Arief Yahya. (*)

Postcomended   Yuk ikutan Food Tour Betawi Arab Village/ CONDET (Sabtu 14 Apr 2018, jam 9.00 - 13.00 pm)