Zimbabwe: No way back for weakened Robert Mugabe Sky News992 × 558Search by image

Zimbabwe: No way back for weakened Robert Mugabe Sky News992 × 558Search by image

Naiknya Emmerson Mnangagwa (75) ke kursi kepresidenan Zimbabwe adalah sesuatu yang hanya bisa dilakukan oleh pria yang akan dia gantikan, Diktator Robert Mugabe. Sekarang, dengan militer yang berkuasa di ibukota Harare, dan Mugabe yang menjadi tahanan rumah, Mnangagwa diyakini berada di pusat pergerakan untuk menginstalasi dirinya sebagai kepala pemerintahan transisi. Zimbabwe terancam keluar dari satu tiranisme dan masuk ke tiranisme lainnya.

Ini bukan kali pertama Mnangagwa mengantre untuk memimpin Zimbabwe. Anggota inti dari lingkaran penguasa Mugabe dan veteran perang yang menghebohkan dalam perjuangan pembebasan dari peraturan minoritas kulit putih, ini, dibahas dalam kabel diplomatik AS yang bocor pada 2000, sebagai calon penerus presiden potensial.

Kabel tersebut, bagian dari cache besar yang dibocorkan ke situs Wikileaks oleh tentara tentara AS, Chelsea Manning, yang menggambarkan sebuah operasi politik cerdik, yang telah memunculkan gelombang politik Zimbabwe; menavigasi periode baik di dalam maupun di luar lingkaran dalam terpercayanya Mugabe.

Zimbabwe's favorite snack: mopane worms - NY Daily News NY Daily News750 × 483Search by image Sihle Nkomo begins to prepare harvested mopane worms at her home in Gwanda, Zimbabwe.

Zimbabwe’s favorite snack: mopane worms – NY Daily News NY Daily News750 × 483Search by image Sihle Nkomo begins to prepare harvested mopane worms at her home in Gwanda, Zimbabwe.

Mereka juga mengisyaratkan masa lalu Mnangagwa yang gelap. Pada akhir 2000, sebuah kabel yang ditulis oleh Earl Irving, yang kemudian menjadi diplomat AS di Harare, menggambarkan Mnangagwa sebagai “banyak ditakuti dan dibenci di seluruh negeri”. Kabel itu juga memperingatkan bahwa Mnangagwa bisa menjadi “pemimpin yang lebih represif” daripada Mugabe jika dia berhasil menggantikannya.

Ketakutan terhadap Mnangagwa ini adalah mengingat posisinya sebagai pelaksana Mugabe dan kepala Central Intelligence Organization (CIO), atau polisi rahasia, dan perannya yang dituduhkan dalam pembantaian kelompok etnis Ndebele pada tahun 1983-84 di Matabeleland, sebuah wilayah di barat daya Zimbabwe yang berada sebuah pusat oposisi politik terhadap rezim Mugabe.

Asosiasi Internasional Cendekiawan Genosida (IAGS), sebuah organisasi non-partisan internasional, memperkirakan setidaknya 20.000 warga sipil terbunuh oleh CIO dan angkatan bersenjata. “Sebagian besar korban yang tewas ditembak dalam eksekusi publik, seringkali setelah dipaksa menggali kuburan mereka sendiri di depan keluarganya dan sesama penduduk desa,” kata IAGS dalam sebuah laporan tahun 2011.

Naiknya Mnangagwa sebagai presiden tanpa pemilihan akan dipandang mencurigakan di luar negeri. Kate Hoey, seorang anggota parlemen Partai Buruh Inggris yang telah berkampanye selama bertahun-tahun untuk menyoroti penindasan di bawah rezim Mugabe, menggambarkan Mnangagwa dalam sebuah debat parlemen sebagai “mungkin satu-satunya orang di Zimbabwe yang mengilhami teror yang lebih besar daripada Mugabe.”

Postcomended   Lantik Presiden Sementara: Zimbabwe Akhiri Kediktatoran 37 Tahun

Menanggapi debat tersebut, Boris Johnson, Menteri Luar Negeri Inggris, menyerukan pemilihan untuk memilih pemimpin baru. “Tidak ada yang ingin melihat transisi dari satu tiran yang ke tiran lainnya tanpa pemilu,” katanya kepada House of Commons minggu ini. Dia mengisyaratkan tahun demi tahun pemilu yang telah memenangkan Mugabe secara curang. “Kami ingin melihat pemilihan umum yang adil tahun depan dan itulah yang akan kami kerjakan.”

Zimbabwe was once a very rich country., Zimbabwe is a lan ... ThingLink1000 × 516Search by image Zimbabwe was once a very rich country., Zimbabwe is a lan... - ThingLink

Zimbabwe was once a very rich country., Zimbabwe is a lan … ThingLink1000 × 516Search by image Zimbabwe was once a very rich country., Zimbabwe is a lan… – ThingLink

Militer Zimbabwe pada Rabu (15/11/2017) dikabarkan telah mengambil alih kekuasaan di negara tersebut. Namun jajaran jenderal militer Zimbabwe membantah telah melakukan kudeta. Mereka mengaku hanya mencari para penjahat yang merugikan perekonomian negara.

Postcomended   Pembunuhan Saudara Tiri Diktator Korut: Siti Aisyah Terancam Digantung

Mugabe yang kini berusia 93 tahun telah berkuasa di Zimbabwe sejak 1980-an. Seperti dilansir AFP, Kamis (16/11/2017), dalam percakapan telepon dengan Presiden Afrika Selatan, Jacob Zuma, Mugabe mengaku efektif menjadi tahanan rumah.

Diduga, tujuan utama militer mengambil alih kekuassan adalah mencegah istri Mugabe, Grace (52), menjadi penggantinya.(***/CNN/AP via Detikcom)

Postcomended   Dikabarkan Sakit, Diktator Gaek Zimbabwe Masih Ingin Menang 2018

 

Share the knowledge