Feminisme yang Berlebihan - Wulan SW Tyas Wulan SW Tyas2485 × 2991Search by image Graphic1

Feminisme yang Berlebihan – Wulan SW Tyas Wulan SW Tyas2485 × 2991Search by image Graphic1

Kata “feminisme” telah dinobatkan sebagai “word of the Year” tahun ini oleh kamus Merriam-Webster. Pengelola kamus Amerika Serikat (AS) ini mengatakan, mereka telah melihat peningkatan 70% pencarian online untuk kata ini pada 2017, dibandingkan dengan 2016. Kata lain yang juga mengalami peningkatan pencarian adalah “dottard”; satu kata yang ditujukan Korsel kepada pemimpin AS.

Lonjakan terbesar dalam pencarian terjadi pada minggu-minggu terakhir Januari 2017, seiring peristiwa Women’s March di Washington DC dan di seluruh dunia.

Penelusuran melonjak lagi pada akhir Februari, ketika juru bicara Presiden AS Donald Trump, Kellyanne Conway, mengatakan pada sebuah konferensi konservatif bahwa dia tidak menganggap dirinya feminis dalam pengertian klasik, karena terkesan sangat anti-laki-laki dan pastinya sangat pro-aborsi, dalam konteks ini.

 

Kamus Merriam-Webster mendefinisikan feminisme sebagai “teori persamaan gender, ekonomi, dan sosial dari jenis kelamin” dan “kegiatan terorganisasi atas nama hak dan kepentingan perempuan.”

Postcomended   FBI dan CIA Tekan Trump untuk Menahan Sebagian Dokumen Terkait Pembunuhan JFK

Dikatakan bahwa kata tersebut pertama kali masuk dalam kamus bahasa Inggris pada 1841, oleh Noah Webster, ketika itu didefinisikan hanya sebagai “kualitas perempuan”.

Pihak kamus Merriam-Webster mengatakan, tidak ada satu kata pun yang bisa merangkum semua berita, acara, atau cerita suatu tahun tertentu-terutama setahun dengan begitu banyak berita dan begitu banyak cerita.

“Tapi ketika satu kata diburu dalam volume besar, dan juga menonjol sebagai salah satu yang terkait dengan beberapa cerita penting yang berbeda, kita bisa belajar sesuatu tentang diri kita melalui prisma kosakata,” kata pihak kamus tersebut.

Minat dalam kamus definisi feminisme kata “Merriam-Webster” juga didorong oleh hiburan tahun ini: kami melihat peningkatan pencarian kata ini setelah serial milik Hulu, “the Wonder Woman” dan “the Handmaid’s Tale”.

 

Kandidat lain untuk posisi teratas di Merriam-Webster adalah “complicit” (terlibat) yang mengalami lonjakan pencarian online saat putri presiden AS, Ivanka Trump, ditanyai di televisi apakah dia dan suaminya –penasihat presiden Jared Kushner– “complicit” terhadap apa terjadi di Gedung Putih.

Postcomended   Seorang Wanita Dipecat Gara-gara Acungkan Jari Tengah ke Rombongan Presiden

Ivanka menjawab bahwa dia tidak tahu “apa artinya menjadi ‘complicit'”. Kamus mendefinisikan kata itu sebagai “membantu melakukan kejahatan atau melakukan kesalahan dalam beberapa cara”.

Sementara itu “complicit” dipilih sebagai “word of the year” oleh Dictionary.com awal Desember 2017, dengan kamus online yang mengutip peningkatan 300% dalam pencarian tahun-ke tahun.

Merriam-Webster mengatakan bahwa “recuse” (mengundurkan diri), yang berarti “mendiskualifikasi (diri sendiri) sebagai hakim dalam kasus tertentu” juga diperdebatkan untuk slot tahun ini, berkat Jaksa Agung AS Jeff Sessions yang menarik dirinya dari penyelidikan FBI pada Maret 2017).

Seperti “dotard”: didefinisikan oleh kamus sebagai “seseorang di titik puncaknya”, istilah yang berarti “keadaan atau periode peluruhan pikun ditandai dengan kemunduran ketenangan mental dan kewaspadaan”.

Postcomended   Amerika Membeku, Australia Meleleh

Kata tersebut mengalami peningkatan pencarian sebesar 35.000% tahun-ke-tahun, setelah Presiden Korea Utara, Kim Jong-un, memanggil Donald Trump dengan sebutan “a mentally deranged US dotard” (orang tua pikun Amerika yang bermental gila).(***/guardian)

Share the knowledge