Kasasi Ditolak MA, Ruhut Didenda Rp 131.300 dan Minta Maaf di ... Berita Terkini & Terdepan Untuk Info Dalam Dan Luar Negeri394 × 221Search by image MA Vonis 20 Tahun dan Harta Robert Tantular untuk Ribuan Nasabah

Kasasi Ditolak MA, Ruhut Didenda Rp 131.300 dan Minta Maaf di … Berita Terkini & Terdepan Untuk Info Dalam Dan Luar Negeri394 × 221Search by image MA Vonis 20 Tahun dan Harta Robert Tantular untuk Ribuan Nasabah

Ruhut “Poltak” Sitompul kena batunya. Istilah khasnya “mulutmu harimaumu” telah berbalik kepada dirinya sendiri. Walau enam tahun sudah berlalu, namun mesin peradilan tetap bekerja menumpas ucapan-ucapan seenak perut politisi eksentrik ini. Pengadilan tingkat Mahkamah Agung, menolak kasasi Ruhut, dan memenangkan Chozin M Amirullah dkk.

Mantan anggota DPR Partai Demokrat itu dihukum denda Rp 131.300, dan yang paling “pedih jendral” dia harus meminta maaf di media massa.

Kasus bermula saat Ruhut masih anggota DPR dari partai Demokrat. Waktu itu, 2011, sekelompok orang menolak gelar pahlawan bagi mantan presiden Soeharto. Ruhut lalu berkoar bahwa “yang tidak setuju Soeharto jadi pahlawan cuma anak PKI”.

Ucapan itu tidak diterima para penolak gelar pahlawan bagi Suharto, dengan menggugat Ruhut secara perdata ke pengadilan. Salah seorang penolaknya adalah Chozin M Amirullah.

Postcomended   Batik Air “Membatik” Labuan Bajo NTT dengan Rute Baru dari Jakarta

Gugatan Chozin dkk sempat ditolak Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) pada 17 November 2011. Chozin tidak terima lalu melayangkan banding, dan berhasil.

Atas ucapannya tersebut, Pengadilan Tinggi (PT) Jakarta pada 16 Oktober 2012 menyatakan Ruhut telah melakukan perbuatan melawan hukum. Ruhut divonis merendahkan martabat dan kehormatan Chozin dkk, dan dihukum sebesar Rp 131.300 dan meminta maaf di media nasional.

Giliran Ruhut tak terima dan mengajukan kasasi ke MA. Tapi jangan pernah main-main dengan MA sekarang, karena meskipun hukuman tak diperberat, namun sebagaimana dikutip detikcom dari situs MA, Selasa (22/8/2017), MA menolak kasasi Ruhut.

Chozin pun mengapresiasi putusan yang diketok palunya oleh ketua majelis Hamdi dengan anggota Sudrajad Dimyati dan Panji Widagdo tersebut.

Putusan MA itu, kata Chozin, pada dasarnya bentuk perlindungan hukum terhadap masyarakat yang kritis atau berbeda pendapat dengan pemerintah, apalagi dengan membawa-bawa label PKI atau teroris misalnya, untuk maksud menyudutkan.

Postcomended   Wonderful Indonesia Tebar Pesona di Melbourne

Ruhut  yang ketika itu juga anggota Komisi III DPR RI, digugat pada Selasa, 11 Januari 2011 oleh Chozin yang ketika itu mengatasnamakan Tim Advokasi Gugat Ruhut atau Tegur.

Perbuatan Ruhut itu dinilai memenuhi unsur-unsur penghinaan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1365 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata juncto Pasal 1372.

“Pernyataan tergugat (Ruhut) adalah suatu upaya melestarikan stigmatisasi negatif tentang PKI, dimana hingga saat ini kata PKI cenderung pembunuhan karakter dan sekaligus meruncingkan kembali luka-luka lama yang terjadi pada tahun 1965,” kata Chozin yang waktu itu sebagai aktivis HMI.

Hukuman tersebut mungkin bisa menjadi pelajaran buat Ruhut agar lebih bijak mengontrol mulutnya, karena bukan kali itu saja ucapannya menyinggung banyak orang.

Saat masih menjadi anggota DPR, Ruhut beberapa kali harus berurusan dengan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) akibat komentar yang tidak pantas.

Misalnya saja pada sebuah rapat di DPR, Ruhut menyebut kepanjangan HAM sebagai hak asasi monyet.

Ruhut juga dengan berapi-api pernah berkata kepada Adnan Buyung Nasution (alm) agar pengacara senior ini tahu diri. “Jangan mentang-mentang gak jadi wantimpres (dewan perrimbangan presiden) lagi, seperti sakit hati, ngomong dimana-mana seperti burung ‘cucak rawa’ saja,” cerocosnya.

Postcomended   SAWAHLUNTO INTERNATIONAL MUSIC FESTIVAL 2017

Perkataan Ruhut ini menanggapi pernyataan Adnan –yang kala itu sudah menjadi mantan anggota Wantimpres– di media massa. Adnan waktu itu melalui media massa meminta Presiden SBY agar bersikap jantan dalam kasus Bank Century.

Tak terima boss-nya dikatai jelek oleh Adnan, Ruhut pun balik meneriaki pedas Adnan .***(ra)

Share the knowledge