Penampakan mobil yang diduga Esemka Digdaya (kredit: akun Facebook Anindya Tejo Martoyo)

Gambar sebuah mobil kabin ganda berwarna putih, dengan desain kekinian –bolehlah disejajarkan dengan mobil sejenis buatan Ford atau Toyota– belakangan ini bermunculan di linimasa media sosial. Pada bagian belakang mobil tersebut tertulis “Esemka Digdaya”. Namun sejumlah netizen mengenali desain mobil tersebut sebagai buatan Cina. Di sisi lain, pihak Esemka masih menolak memberi keterangan.

Jika menengok ke akun Instagram @esemka_indonesia, beberapa gambar menunjukkan jenis mobil kabin ganda yang dicap Esemka Digdaya, kendati bagian muka dan bokongnya tidak diperlihatkan.

Sedangkan salah satu akun yang mengunggah foto-foto mobil kabin ganda bertuliskan Esemka Digdaya itu, tertanggal 22 September, adalah akun Facebook Anindya Tejo Martoyo. Beberapa gambar memperlihatkan jelas pelat mobilnya yang masih “merah putih”, bertuliskan AD 9130 XU. Anindya menulis bahwa mobil ini berkapasitas 2000 cc dengan harga Rp 120 juta.

Postcomended   Mobil Ningrat Inggris ini Ludes di Indonesia

Pada kolom komentar, selain banyak Facebooker yang terkesan, namun ada juga yang skeptis. Akun Aghna Kharisma menulis: “Itu mobil bikinan china DFSK (dongfeng).” Sementara Agus Exo menulis: “ga yakin produk esemka sendiri, beli barang orang lain, copot merk asli ganti merk sendiri...” ujarnya seraya mengunggah mobil Cina yang sangat mirip.

Mobil Cina yang penampakannya mirip (kredit: akun facebook Aghna)

Sehari kemudian, Anindya meng-update-status lagi tentang mobil Esemka Digdaya seraya menulis: “Saat itu dikabarkan, pilihan-pilihan mesin untuk Digdaya tersebut antara lain mesin bensin berkapasitas 1.500 cc, 1.800 cc, 2.000 cc, dan 2.200 cc”.

Pada Maret 2016, Kompas melansir berita bahwa model kabin ganda memang masuk daftar produk yang akan segera diproduksi masal oleh Esemka. Hal ini seiring dengan selesainya pembangunan pabrik di Boyolali pada Juni 2016 di bawah PT Adiperkasa Citra Esemka.

#Esemka Digdaya 2.0

A post shared by ESEMKA (@esemka_indonesia) on

Dari segi dimensi, mobil kabin ganda Esemka ini diduga akan memiliki panjang 5219 mm, lebar 1870mm, tinggi 1844mm, dan sumbu roda 3100 mm. Sedangkan dimensi bak memilik ukuran panjang 1497 mm, lebar 1499 mm, dan tinggi 530 mm.

Postcomended   Mobil Ningrat Inggris ini Ludes di Indonesia

Untuk sistem pengendalinya sudah menggunakan hydrolic power steering layaknya mobil masa kini. Untuk fitur keselamatan sistem pengereman depan dilengkapi cakram plus booster, anti-lock braking sistem(ABS), serta electronic brakeforce distribution (EBD) yang berfungsi untuk memperpendek jarak pengereman.

Apakah itu benar mobil buatan Esemka atau sekadar simulasi, kita tunggu saja pihak Esemka mengabarkan sendiri ke publik.***

Generasi #Indonesia #Esemka #Smkbisa #Smk

A post shared by ESEMKA (@esemka_indonesia) on

Share the knowledge